Di Papua Hanya Ada Sepuluh Dokter Mata dan THT

5427

JAYAPURA, PapuaSatu.comKepala Dinas Kesahatan Provinsi Papua, Aloysius Giyai mengungkapkan di Papua saat ini hanya ada 10 orang dokter spesialis Mata, Telinga Hidung dan Tenggorkan (THT).

Tujuh diantaranya adalah dokter spesialis mata dan tiga spesialis THT.

“Semua dokter itu fokus di Jayapura, mereka ditempatkan di RSUD Dok II dan Rumah Sakit Dian Harapan” ungkap Giyai kepada PapuaSatu.com, yang ditemui disalah satu hotel ternama di Kota Jayapura, belum lama ini.

Menurutnya, fokusnya kesepuluh dokter tersebut di Kota Jayapura karena penyakit-penyakit tersebut biasanya dirujuk dari daerah.

Saat ditanyai PapuaSatu.com tentang adanya kegiatan pengobatan mata dan lainnya yang diadakan di daerah-daerah lain di Papua, Giyai mengatakan, “kalau pengobatan-pengobatan seperti itu sifatnya promosi dan prefentif yang dilakukan oleh lembaga-lembaga tertentu yang bekerjasama dengan dinas kesehatan dan rumah sakit-rumah sakit tertentu. Jadi tindakannya juga prefentif sehingga kebanyakan pasiennya dirujuk ke Jayapura” kata Giyai

Kedepannya, jika rumah sakit tipe B Regional di Papua telah dibangun dan dibentuk Giyai mengatakan, “suka tidak suka mereka harus ada di kawasan-kawasan tempat rumah sakit itu berdiri nantinya” pungkasnya.(Abe)