HMS Optimis Menang di Wilayah Adat Tabi

737

“Masyarakat adat Tabi tidak akan mungkin menyangkal sejarah”

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Bakal calon wakil Gubernur Papua Habel Melkias Suwae (HMS) mengaku optimis dapat mendulang banyak suara di wilayah adat Tabi dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Papua yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Habel Melkias Suwae merupakan salah satu putra Tabi yang berhasil mencatatkan sejarah atas berkembangnya wilayah adat Tabi.

Sejak menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jayapura pada periode 1999-2001 dan Bupati Kabupaten Jayapura selama dua periode pada tahun 2001-2011, Habel Melkias Suwae berhasil memekarkan Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Sarmi.

“Saya sangat amat optimis. Orang-orang yang mengerti dan tahu tentang ada orang-orang yang pernah melakukan kebijakan-kebijakan dalam rangka percepatan pembangunan di daerah ini saya pikir mereka tidak akan mungkin menyangkal sejarah” tukas HMS kepada Wartawan usai melantik tim kampanye Josua wilayah adat Tabi, di salah satu hotel ternama di Kabupaten Jayapura, Rabu (07/02/2018).

Menurutnya yang agak sulit di wilayah adat Tabi adalah Kabupaten Jayapura, karena ada Bupati Mathius Awoitauw yang siap menjegal dirinya bersama gubernur Jhon Wempi Wetipo dengan segala cara.

“Tapi kalau keerom, Sarmi, Mamberamo Raya dan Kota Jayapura sangat mudah. Ya itu saja sulitnya cuma disini. Saya tidak pesimis tapi saya mengatakan itu karena pasti ada upaya-upaya dari kawan satu ini untuk menjegal kami, itu saja sih sesungguhnya” ungkapnya.

Meski begitu dirinya tetap optimis untuk memenangkan Pilgup Papua 2018 di wilayah adat Tabi.

“Contoh sederhana, jika kawan satu ini benar-benar perhatikan warganya tidak mungkin ada perempuan Tabi yang datang untuk mendukung saya. Banyak yang datang kemari bilang tidak punya apa-apa, dia bilang kami datang dengan hati kami untuk dukung bapak dan saya pikir itu sudah cukup, maka itu besok saya akan resmikan posko relawan perempuan Tabi di Hawai” tambahnya .

Diungkapkannya, kekuatannya di wilayah adat Tabi itu berada di akar rumput atau masyarakat kalangan bawah. “kalau di atas itu biasa-biasa sajalah”tandasnya.

HMS juga menyakini bahwa dirinya akan menang di wilayah adat Tabi, “karena dari Pilgub lima tahun lalu, saya yang menangkan waktu saya naik jadi calon gubernur, kemudian pada beberapa kali pemilu legislatif saya melhat partai yang satu itu juga tidak pernah menang disini” ungkapnya.

Menurutnya sekarang ini akan lebih mudah untuk menang di wilayah Tabi, karena sekarang ini ada perbandingan dari yang sudah memimpin daripada yang baru maju.

“Yang baru maju ini pernah menduduki jabatan yang sama dan pernah juga berbuat. Sedangkan yang memimpin saat inikan orang bisa lihat plus-minusnya dimana jadi gampang untuk memberikan hak suaranya. Saya tidak mengatakan disana tidak bagus tapi rakyat sudah lebih cerdas untuk menggunakan hak suaranya untuk memilih siapa” pungkasnya. [abe]