Ini Arti Salam ‘Palungku’ dari Pasangan Josua

4443

JAYAPURA, PapuaSatu.comPasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua, Jhon Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (Josua) menggunakan salam Papua Cerdas (palungku) sebagai ciri khas pasangan ini. Salam ini ditunjukaan pertama kali saat keduanya mendeklarasikan diri untuk maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Papua 2018, di Lapangan Pendidikan, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, belum lama ini.

Menurut bakal calon gubernur Papua, Jhon Wempi Wetipo, salam ini akan terus digunakan sebagai pembeda dengan pasangan lain. Salam Papua Cerdas yang mengepalkan tangan ini juga memiliki arti sendiri bagi pasangan yang diusung oleh partai PDIP dan Gerindra tersebut.

“Ini artinya persatuan, ibu-ibu dong bisa masak pakai satu jari kah tidak? Dua jari? Tiga jari? Tidak bisa toh, jadi dengan lima jari baru kita bisa kerja apalagi dikepalkan begini pasti akan lebih kuat dan semua pekerjaan bisa kita atasi dengan mudah” ungkap JWW saat meresmikan kantor dan melantik pengurus Tim Relawan Perempuan Tabi di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (09/02/2018).

Dijelaskannya lagi, salam ini juga memiliki arti lain yaitu agar tidak memandang perbedaan untuk membangun Papua yang lebih baik dan lebih cerdas kedepannya.

“Kita jangan lagi dikotomi dengan gunung dan pantai, keriting dan lurus, hitam dan putih. Jangan sudah saatnya kita bersatu tanpa memandang perbedaan untuk membangun Papua yang cerdas” pungkas JWW. [abe]