Jelang Hari Sumpah Pemuda, KNPI Papua Barat Gelar Berbagai Kegiatan

834

Ketua DPD KNPI Papua Barat, Sius Dowansiba. Foto  : Free/PapuaSatu.com

MANOKWARI, PapuaSatu.com – Menjelang peringatan  Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober mendatang, Dewan Pengurus Daerah Komite Naisonal Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Papua Barat akan melaksanakan berbagai kegiatan lomba maupun bhakti sosial (Bhaksos).

Hal ini disampaikan Ketua DPD KNPI Papua Barat, Sius Dowansiba kepada PapuaSatu.com, di Gedung KNPI Papua Barat yang terletak, di Sowi Gunung, Manokwari, Jumat (6/10/2017)

Dowansiba mengatakan, kegiatan yang akan dilaksanakan menyonsong Hari Sumpah Pemuda nanti direncakan dilaksanakan selama 12 hari diantaranya, futsall, pembersihan kota dan laut serta jalan santai.

“Kita akan beerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Papua Barat, dimana Dispora juga akan melaksanakan segala sesuatu pada saat upacara, tetapi kegiatan lain diserahkan ke KNPI,”ujar Dowansiba.

Untul itu, dirinya berharap kepada seluruh DPD KNPI Kabupaten dan Kota se-Provinsi Papua Barat untuk segera melakukan koordinasi dengan Dispora tingkat Kabupaten dan Kota untuk melaksanakan upacara hari sumpah pemuda di wilayah masing-masing wilayah.

Disamping itu, Sius Dowansiba menegaskan bahwa sampai saat ini di Papua Barat tidak ada dualisme KNPI. Pasalnya, kata dia, kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak KNPI yang pimpin Yanto dan pemuda lainnya sudah 16 bulan tidak melaksanakan tugas.

“Kalau kami telah melaksanakan tugas kepemudaan kami yaitu sejak kami dilantik 19 Desember 2016 lalu sampai hari ini sudah banyak kegiatan yang kami laksanakan diantara konsulidasi dan rapat kerja,”kata Dowansiba.

Selain itu, Dowansiba meminta juga kepada pemerintah provinsi untuk dapat memberikan perhatian kepada DPD KNPI yang dipimpinnya, terutama perhatian kepada gedung yang dibangun menggunakan APBD Provinsi Papua Barat.

“Agar gedung ini bisa digunakan secara baik oleh pemuda untuk membantu pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia maupun bisa merangkul seluruh pemuda yang terjerat dalam narkoba dan lem aibon,”tandas Sius Dowansiba. (Free/Abe)