Kapolres dan Wakil Bupati Jayapura Tinjau Lokasi Banjir di BTN Gajah Mada

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kapolres Jayapura AKBP Vicktor Dean Mackbon. SH. S.IK, MH, M.Si bersama Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayanto tinjau lokasi bencana banjir sekaligus memberi bantuan kepada warga di BTN Gajah Mada Yahim Sentani, Rabu (14/2/2018).

Giat tersebut juga dihadiri oleh Asisten I Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, Kapolsek Sentani Kota Kompol Hakim Sode, SH.MH, Pabung Jayapura Mayor Heriyanto, Perwakilan Bank Papua Zulkarnain, Kasat Intelkam Iptu Budi Santoso, S.Sos, Kepala BNPB Kabupaten Jayapura Sukiyono dan Tokoh Adat Sentani Daniel Toto.

Bencana banjir tersebut terjadi akibat meluapnya sungai/kali yang berada di pinggiran perumahan warga BTN Gajah Mada Yahim Sentani.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kampung Yahim Bapak Yusak Pangkali menyampaikan bahwa harapan warga kepada pemerintah agar segera melakukan normalisasi sungai yang baru karena setiap hujan air sungai meluap sehingga mengenai perumahan warga BTN Gajah Mada dan sungai/kali yang baru.

“karena dari pihak developer hanya membuat tanggul, apabila hujan deras, hantaman air dari kali ular dan kali kemiri akan meluap ke BTN Gajah Mada”tukasnya.

Menjawab permintaan masyarakat tersebut Wakil Bupati Kabupaten Jayapura, Giri Wijayanto mengatakan bahwa pemerintah akan segera melakukan pertemuan dengan pihak developer untuk membicarakana masalah tersebut.

” menurut saya untuk bangunan yang ada disini agar bisa di timbun untuk menyetarakan ketinggian dari sungai,”kata Wakil Bupati Jayapura.

Lanjutnya, pemerintah akan menyiapkan tenda untuk dijadikan tempat sementara bagi warga korban banjir.

Ditempat yang sama Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon. SH. S.IK, MH, M.Si menyampaikan agar warga di BTN Gajah Mada bersabar.

Pihak polres akan melakukan upaya mediasi esok hari terkait permasalahan ini antara warga BTN Gajah Mada dengan pihak developer R.M. Adi Kusuma untuk berdiskusi mencari solusi yang terbaik.

“Kita berharap tidak ada dampak dari banjir yang sekarang sudah ada yang mulai mengungsi dan tentukan kami dari pihak keamanan akan lakukan patroli berkala serta dirikan pos disini agar tidak ada tindak pidana atau gangguan kamtibmas pasca adanya banjir,”terang AKBP Victor Dean Mackbon. SH. S.IK.,MH.M.Si. [Humas Polda Papua/abe]