Nilai Luhur Pancasila Harus Diamalkan

3778

Caption: Pdt.Elion Numberi, S.Th,M.Th (pakai baju batik) saat melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan baru-baru ini. Foto : Ist/PapuaSatu.com  

*Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Anggota MPR RI / DPR RI Fraksi Golkar Daerah Pemilihan Provinsi Papua

Pdt. Elion Numberi,S.Th., M.Th mengajak seluruh generasi muda Papua pada umumnya dan lebih khusus Pemuda dan Remaja Gereja Pantekosta di Indonesia (PelprapGPdI) Jemaat Alfa – Omega Hamadi Jayapura untuk mengamalkan nilai–nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila merupakan ideology sekaligus sebagai dasar Negara, itu sebabnya menjadi kewajiban seluruh warga Negara Republik Indonesia termasuk pemuda remaja sebagai generasi penerus bangsa untuk terus memahami, mendalami dan menjalankan nilai luhur Pancasila dalam menjalanka kehidupan sehari–hari,“ tegas Numberi dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Sosialisasi 4 Pilar yang dilaksanakan baru – baru ini.

Caption: Peserta foto bersama usai Sosialisasi  4 Pilar kebangsaan. Foto : Ist/PapuaSatu.com 

Dikatakan, mencermati dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara yang saat ini mulai terusik dengan adanya berbagai macam ancaman, seperti ancaman disintegrasi bangsa,terorisme, intoleransi dan bahkan yang lagi trend saat ini adalah adanya penyebaran berita – berita HOAX melalui Media Sosial yang menjurus pada terjadi perpecahan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, kini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama seluruh elemen anak bangsa. “Tak terkecuali kami selaku Anggota MPR RI untuk bersama–sama bergandeng tangan merawat kebersamaan, memperkuat keberagaman, menjaga persatuan dan kesatuan hidup berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,”.

“Kalau bukan kita siapalagi yang akan merawat keberagaman, kebhinekaan, persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, itu sebabnya pada kesempatan yang baik ini saya mengajak kita semua untuk sepakat menolak berbagai bentuk propaganda yang dimainkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab melalui penyebaran berita–berita HOAX yang hanya akan merugikan kita semua,” pinta Numberi.

Politisi Partai Golkar Papua ini menjelaskan bahwa pelaksanaan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Anggota MPR RI.

“Sebagai Anggota MPR RI, kami setiap kali melakukan kunjungan kerja ke Daerah Pemilihan, kami mempunyai kewajiban untuk  melaksanakan sosialisasi 4 pilar, yang bertujuan untuk menambah pemahaman wawasan kebangsaan masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari – hari, khususnya kepada para Pemuda/I Gereja yang menghadiri kegiatan ini, ” Katanya.

Numberi berharap seluruh peserta kegiatan Sosialisasi 4 Pilar ini dapat memahami nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam empat pilar dan diharapkan nilai-nilai tersebut bisa terpatri di dalam jiwa setiap warga masyarakat  dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ditambahkan, 4 Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD`45, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  merupakan pilar kebangsaan yang menjadi pedoman dan tatanan kebangsaan. Dan Keempatnya  merupakan aturan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh sebab itu kegiatan sosialisasi ini di laksanakan salah satunya tujuan selain untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentunya juga untuk menanamkan kembali nilai nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“ Pancasila mempunyai peranan yang penting untuk mencegah terjadinya gesekan yang membahayakan keutuhan bangsa, hal ini sangat di rasakan pada belakangan ini sering terjadi gesekan atau kerawanan sosial sebagai dampak dari persoalan yang semakin komplek dalam kehidupan,oleh sebab itu melalui sosialisasi empat pilar di harapkan masyarakat semakin menyadari akan keberagaman dan mampu mencari solusi terbaik melalui dialog dan musaywarah dan mufakat” Pungkasnya. [*/sony].