Patroli Tim Elang Amankan Terduga Pelaku Pencurian

489

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Patroli Tim Elang 1 yang dipimpin Brigpol Drajat Teguh Pribadi bersama 7 personilnya, berhasil membekuk terduga pelaku pencurian berinisial RP (21), di depan SMU N 1 Sentani kabupaten Jayapura, Sabtu (10/02/18)  sekitar pukul 04.00 WIT.

Juru  bicara Polda Papua, Kombes Pol AM  Kamal menjelaskan, kronologi penangkapan itu berawal Tim Elang 1 (satu) sedang melaksanakan patrol lalu mendapati seorang pemuda berinisial RP (21) melaju dengan menggunakan sepeda motor Honda Supra DS 3865 AR.

“ terduga pelaku melaju dari arah berlawanan menuju depan SMU N 1 Sentani, saat berpas-pasan terduga pelaku kaget dan sempat mengatakan bahwa lagi mengejar pencuri yang lari ke arah komplek gedung SKB/samping SMU N 1 Sentani dengan maksud untuk mengelabui tim ELang,” katanya.

Namun, lanjut Kamal, Tim Elang  tidak langsung percaya dengan omongan pelaku, sehingga langsung dan diperiksa kendaraan yang digunakan. “ tim mendapati banyak kunci – kunci kendaraan dan gunting di dalam jok motornya,” jelasnya.

Dalam waktu bersamaan tiba-tiba datang 5 orang saksi yang mengatakan bahwa pelaku RP (21) masuk ke dalam kompleks SKB sambil gas – gas motornya dan mengatakan kepada para saksi bahwa dia habis mencuri.

Bahkan, salah satu da ri saksi mengancam pelaku RP atas perbuatan yang dilakukan sehingga dari kesaksian itu, Tim langsung memanggil patroli 801 Satuan Sabhara guna membawa dan mengamankan pelaku ke Mapolres Jayapura.

Sementara itu, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si membenarkan kejadian tersebut. “ saat ini terduga pelaku RP (21) sudah kami tahan di Mapolres Jayapura,” katanya.

Ia menjelaskan, menurut keterangan para saksi diindikasikan bahwa sebelum pelaku datang ada 2 pelaku lainnya sedang mencongkel salah 1 rumah di kompleks SKB.

Namun sebelum melakukan aksinya sudah keburu ketahuan oleh warga sekitar.  “atas dasar  keterangan para saksi tersebut pelaku masih menjalani pemeriksaan intensif satuan reserse kriminal Polres Jayapura”, ujarnya. [humas polda/loy]