Pembangunan Jembatan Hamadi-Holtekamp Rampung 2018

588
Yarius Balingga (Nius/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Ketua Komisi IV DPRP, Yarius Balingga menyebutkan, pembangunan Jembatan Hamadi- Holtekamp direncanakan akan selesai pada tahun 2018 mendatang.

“Ya, rencananya penyelesaiannya tahun 2018 mendatang, namun kami masih terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak yang mengerjakan proyek pembangunan jembatan tersebut,” kata Yarius Balingga, Senin (11/9/2017) tadi sore.

Menurutnya, total dana yang telah dikucurkan oleh Pemerintah Provinsi Papua di tahun 2017 untuk pembangunan jembatan Hamadi-Holtekam Rp 90 miliar.

“Kita sudah koordinasikan dengan seluruh mitra yang mengerjakan jembatan tersebut. Dan untuk semua tahapan dan pelelangan itu sudah jalan, bahkan sudah ditentukan siapa yang mengerjakannya” tutur Yarius.

Pengerjaan jembatan yang akan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Papua ini, sambung Yarius,  akan dilanjutkan pada Oktober dan November 2017 karena saat ini bahan baku yang telah dipesan sedang dalam perjalanan menuju Kota Jayapura.

Dikatakannya, keberhasilan pembangunan jembatan Hamadi-Holtekam ini akan menjadi sebuah tolak ukur pembangunan di Provinsi Papua termasuk pembangunan Ring Road yang menghubungkan jalan antar kabupaten di Papua.

“Jadi kami dari Dewan berfungsi sebagai pengawas, karena anggaran APBD Induk Provisi tahun 2017 sudah dicairkan dan nilaianya kurang lebih mencapai 90 miliar rupiah dan saat ini hanya tinggal penyelesaian dan peneyerapannya sampai dimana. Hal itulah yang kami kawal dan berharap bahwa dalam tahun 2017 ini sudah ada satu bagian yang telah selesai kerjakan” tukasnya.

Yarius juga mengutarakan bahwa pembangunan jembatan tersebut tak semudah apa yang dipikirkan, karena menurutnya masih banyak kendala yang harus dihadapi pihaknya sehingga pembangunan jeembatan ini belum tentu bisa dieselesaikan dalam waktu satu tahun.

“Karena pembangunan jembatan yang akan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Papua ini menggunakan APBD Provinsi Papua jadi otomatis kita akan mengikuti proses pengerjaannya” katanya.

Saat ditanyai soal dana APBD Induk Kota Jayapura yang digunakan dalam pembangunan jembatan tersebut, Yarius mengaku bahwa pihaknya belum mengetahui soal hal tersebut. Sebab menurut dia, pihaknya hanya melakukan pengawasan terhadapt dana APBD Provinsi yang telah dikucurkan dalam pembangunan jembatan tersebut.

Untuk diketahui, dana yang digunakan untuk pembangunan jembatan tersebut mendapatakan alokasi dana dari APBN, APBD Provinsi Papua dan APBD Induk Kota Jayapura. (ABE)