Perubahan Tatib Mulai Didorong ke Bamus DPR Papua

406

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sekretaris Panja DPR papua, Mathe Mamoyau mengklaim bahwa dalam waktu dekat Perubahan Tata Tertib (Tatib) DPR Papua akan didorong ke Bamus untuk mempresentasikan hasil kerja yang dilakukan oleh Panitia Kerja Tatib.

“Kami Panja sudah melakukan berbagai konsultasi ke Mendagari terhadap perubahan Tatib DPRP termasuk memperbaikidan merevisi serta menambah perubahan-perubahan dalam Tatib,” kata Mathe Mamoyau belum lama ini.

Salah satu perubahan yang didorong oleh Panja Tatib DPR Papua yakni, terkait 14 kursi anggota DPR Papua melalui jalur pengangkat yang diatur dalam Undang-undang Otonomi Khsusu tahun 2001.

Hanya saja, kata Mathea, 14 kursi tersebut kini masih menunggu Protokoler keuangan. Namun pada prinsipnya tinggal mempresentasikan hasil kerja Panja Tatib DPR Papua ke Bamus untuk jadi bahan penentuan pada tatib DPR Papua kedepan.

Mathea mengemukakan, untuk 14 tidak bisa membentuk fraksi sendiri karena 14 kursi melalui jalur pengangkatan tidak memiliki konsisten, tetapi mereka akan membaur ke alat kelengkapan dewan nanti.

“Semuanya akan dibahas dalam Bamus dan apabila disetujui dengan anggota dewan yang lain kita sahkan. Namun, jika ada masukan dan perlu ditambah atau direvisi itu kami juga terima,” tukasnya. (nius)