Polda Papua Bersama Divisi Humas Polri Sosialisasikan Patroli Cyber bersama Biro

1069

Caption : Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar didampingi Kepala tim Divisi Humas Polri Kombes Pol Drs Supriadi dan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal ketika memberikan materi tentang sosialisasi tentang Patroli Cyber,  Senin (19/3/201). Foto :  Humas Polda/PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kepolisian Daerah Papua bersama Biro Multimedia Divisi Humas Polri mensosialisasilam Patroli Cyber, dalam rangka  menghadapi Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019 di wilayah hukum Polda.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar, M.H disaksikan langsung oleh Kepala tim Divisi Humas Polri Kombes Pol Drs Supriadi, Kombes Pol Sugeng H.S, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs A.M Kamal, SH, Pejabat Utama Polda Papua, Senin (19/03/18) di Aula Rastra Samara Mapolda Papua.

Caption : Sejumlah Personil Polri dari jajarna Polda Papua saat mengukuti sosialisasi Patroli Cyber di Mapolda Papua. Foto : Humas Polda/PapuaSatu.com

Dalam sambutannya Kapolda Papua mengatakan, sosialisasi tentang patroli cyber yang akan berlangsung selama tiga hari sejak dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk peningkatan kapasitas kemampuan pengetahuan tentang multimedia dan dunia cyber.

“Hal ini dilakukan karena maraknya berita yang menyebar di dunia maya, sehingga patroli itu tidak lagi seperti dunia nyata saja, dimana tentunya sebagai anggota polri harus memiliki kemampuan terhadap patrol  cyber,” kata Kapolda Boy.

Menurut Jenderal Bintang Dua ini bahwa, dunia maya saat ini sudah menjadi ruang yang diatur hukum oleh negara, sebagaimana diatur dalam UU ITE no 11 THN 2008 yang saat ini dirubah menjadi UU 19 THN 2016, yaitu UU hukum positif negara yang mengatur dunia Maya, bahwa dalam aktivitas transaksi elektronik seluruh warga negara harus mentaati aturan hukum yang berlaku sesui aturan yang sudah di atur.

Kapala Tim Divisi Humas Polri saat menyerahkan Cinderamata kepada Kapolda Papua.

Ketua Tim Sosialisasi Divisi Humas Kombes Pol Drs Supriadi MM menyampaikan terimakasih kepada Kapolda Papua yang telah memberikan kesempatan untuk mensosialisasikan biro multimedia tentang maraknya isu yang beredar di media social.

“Sosialisasi ini diberikan terkait dengan maraknya isu yang beredar di media sosial baik bersifat hadspeed, sara, ujaran kebencian dan sebaginya, seiringan dengan perkembangan itu melihat bahwa harus segera mungkin kita sampaikan kepada anggota polri tentang kemampuan berpatroli cyber yang tidak menggunakan kendaraan melainkan dengan cara IT,” tutupnya dilanjutkan penyerahan cinderamata oleh Kapala Tim Divisi Humas Polri kepada Kapolda Papua.

Turut hadir Kapolda Papua, Kapala tim Divisi Humas Polri Kombes Pol Drs Supriadi, Kombes Pol Sugeng H.S, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs A.M Kamal, SH, Pejabat Utama Polda Papua dan anggota humas dan anggota intelkam Polres jajaran. [humas/loy]