Wakapolda : Polwan Harus Profesional

434

JAYAPURA – Di peringatan HUT Polisi Wanita (Polwan) ke 69, Polwan diminta untuk bertindak professional. Hal tersebut dikatakan oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Agus Rianto saat memberikan sambutan pembuka pada acara perayaan HUT Polwan ke 69 yang dilaksanakan di Aula Elsama Numberi, Selasa (12/09/17).

Wakapolda mengingatkan kepada semua Polwan untuk tidak lupa diri. “Jangan ada lagi Polwan yang berpakaian aneh-aneh, berperilaku aneh”.

“Kalau teman-teman bermain di Medsos, apapun itu jenisnya yang bisa dilihat oleh umum, kalau kalian berseragam, tampilkan kalau kalian itu polisi yang elegan”katanya.

Ia juga mengatakan bahwa Polwan ketika berseragam jangan berpose mengundang diskusi yang lebih panjang dalam media social yang digunakan.

“Jangan sampai pada saat menggunakan pakaian seragam mengelurakan kata-kata ataupu berperilaku yang tidak sesuai dengan tatakrama yang kita anut bersama” tukasnya.

Agus Rianto pun menuturkan bahwa diera teknologi seperti saat ini tidak ada lagi hal yang bisa disembunyikan.

“Semuanya terbuka dan transparan. Saya mengajak kepada rekan-rekan polwan khususnya untuk betul-betul menjadi jadi motor dan ujung tombak bagi kepolisian khusunya Polwan ini untuk betul-betul meningkatkan citra kita di masyarakat” tuturnya.

Wakapolda-pun bercerita tentang pengalamannya sewaktu bertugas di Polda Metro Jaya. Menurutnya, Patroli Polwan disana waktu itu lebih ditakuti ketimbang Patroli Polki.

“Karena Patroli Polwan itu tegas, kemudian galak dan tidak bisa disuap. Kalau kita polkinya jaman itu dikasih Rp. 20.000 itu aman, Rp. 10,000 aman” kisahnya.

Dan menurutnya, mobil patrol Polwan di Polda Metro Jaya di jaman itu sangat keras “jadi kalau mau nyeruduk ya nyeruduk benar, jaman itu tahun 85”tambahnya lagi.

Iapun berharap agar Polwan di Papua juga bisa seperti itu, yang tegas namun tetap santun.

“Kalau kami yang laki-laki ini kalau lewat terkadang ngomongnya kebablasan agar teman-teman Polwan ada yang mengingatkan, jangan malah ikut-ikut. Dan harus pintar  berpenampilan serta bersikap ” tuturnya.

Diakhir sambutannya Wakapolda Papua meminta untuk para Polwan selalu bersikap professional seperti tema yang diambil dalam perayaan HUT Polwan ke 69 ini dan iapun berharap mudah-mudahan kedepannya komitmenya akan terus lebih baik.

“Prfesional, Modern dan Terpercaya. Dengan professional kita mampu melakukan semua tugas dengan baik dan benar. Modern didukung dengan peralatan yang ada dan pada akhirnya kita akan mendapatkan kepercayaan dari seluruh masyarakat” pungkasnya. (Abe)