Argapura Cup Ajang Pencarian Bibit Muda Papua

756

Caption : Walikota, Dr. Drs. Benhur Tomi Mano saat  menendang sebagai tanda digelarnya Argapura Cup U-18 2018, Jum’at (16/02/2019). (Moza/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM secara resmi membuka turnamen Argapura Cup U-18 2018 yang digelar di lapangan sepak Bola Argapura, Jum’at (16/02/2019).

Gelaran Argapura Cup U 18 ini, dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Jayapura yang  ke-108 dengan diikuti oleh 12 Club dan SSB yang terdiri dari 11 Tim yang ada di Kota Jayapura  dan 1 Tim undangan dari Kabupaten Jayapura dan akan dilaksanakan dari tanggal 16 Ferbuari – 6 Maret 2018.

Walikota  dalam arahannya menyampaikan,  lapangan Argapura telah mencatat sejarah dengan melahirkan pemain – pemain persipura yang memiliki nama besar diantaranya, Barnabas Youwe, Gasper Sibi  dan masih banyak nama-nama dari vanggasgu yang telah memperkuat tim kebanggaan masyarakat Papua yaitu, Persipura Jayapura.

“ lapangan ini punya sejarah bagi Kota ini, dan dalam pengelolaan ditangani bersama dengan pemerintah kota jayapura, Papua gusang pesepak bola Indonesia, Papua Brasilnya Indonesia,” ujarnya.

Kepada para Club, Walikota berpesan agar dalam turnamen ini para pemain harus  menunjukan skil yang baik dan ini dalam rangka mempersatukan dan mempererat hubungan satu dengan  yang lain,  Sehingga gelaran ini diharapkan dapat berjalan dengan baik hingga selesai.

“ dalam  lapangan kita bermain, bukan untuk bakali tapi tunjukan prestasi anda, skil anda  agar menjadi hiburan bagi penonton. Itu yang bapak harapkan,” harapnya.

Dikatakan,  para pemain harus menjaga emosi, dan jika pertandingan dicederai maka akan bubar di tengah jalan sehingga tidak mendapatkan hasil yang diharapkan dari  pertandingan ini.

Untuk itu dirinya juga meminta kepada para wasit dalam memimpin pertandingan  dengan fair play serta menguasai aturan dengan baik.

Walikota berharap, dari ajang ini bisa menghasilkan bibit-bibit yang bagus  yang bisa  disiapkan dan tridak menutup kemungkinan menarik perhatian  teleskoting yang melihat dan bisa ditarik untuk masuk ke Persipura U-18.

Sementara itu Ketua Panitia Turnamen Argapura Cup Lambert Fonataba menyampaikan, maksud dari turnamen ini  adalah sebagai wadah pengembangan Club dan sekolah sepak bola.

Hal itu mengingat selama ini kurang banyak turnamen sepak bola kelompok umur  yang diselenggarakan di Kota Jayapura,  sehingga pemuda Argapura yang tergabung dalam  senior PSK bermaksud membuat ivent ini, sekaligus sebagai wadah mengembangkan kulaitas  sepak bola  di Jayapura.

“ tujuan kegiatan ini, sebagai sarana pengembangan bibit – bibit muda sepak bola menuju PON 2020 dan  juga persipura U-19. Kami lakukan ini juga mengurangi pengaruh negative  kuhusunya miras dan Narkotika di Kota Jayapura secara umum dan khususnya di kelurahan Argapura,” ujarnya. [moza/loy]