Presiden Jokowi Bakal Resmikan Pembangunan Rindam XVIII/Kasuari

630
Bupati Mansel, Markus Waran

Bupati Mansel, Markus Waran. Foto : Free/PapuaSatu.com

MANOKWARI, PapuaSatu.com – Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo direncakanakan bakal meresmikan pembangunan Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XVIII/Kasuari di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Provinsi Papua Barat.

Demikian hal ini diungkapkan Bupati Mansel, Markus Waran di Kantor Bupati Mansel, Jumat (27/04/2018).

Bupati menjelaskan, rencana Presiden meresmikan Rindam tersebut pihaknya sudah mengusulkan ke Menteri PPN Kepala Bappenas Republik Indonesia, di Aston Niuw, Manokwari.

“Jadi Presiden nanti akan berkunjung melihat jalan Trans Papua Barat melewati Mansel sampai tembus ke Nabire. Nah, kami rencana sisipkan agenda peresmian Rindam, tapi kami akan sesuaikan dengan jadwal Presiden,”ungkap Bupati Mansel.

Waran mengemukakan, alasan pihaknya meminta Presiden untuk meresmikan Rindam diantaranya sesuai dengan Undang-undang Perbendaran bahwa penyerahan aset pemda dan MoU dalam hal ini Pangdam XVIII/Kasuari nilainya diatas seratus miliar.

Meski kata Waran, sebenarnya peresmian Rindam bisa dilalaksanakan langsung oleh Panglami TNI, namun selain seperti yang diatur dalam UU.  Kedatangan Presiden ke Mansel akan menjadi suatu kebanggaan masyarakat dan menjadi suatu motivasi bagi putra-putri di Mansel untuk mengikuti pendidikan militer. [free/abe]