2 Kepala Daerah Petahana Kembali Pimpin Tolikara dan Yapen

1785

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP MH mewakili Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia resmi lantik 2 kepala daerah petahana hasil Pemilihan Kepala daerah serentak semester II periode 2017 – 2022.

Dua kepala daerah yang baru di lantik Gubernur, masing – masing Bupati dan wakil bupati Kabupaten Tolikara, Usman Wanimbo – Dinus Wanimbo serta Bupati dan Wakil bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar – Frans Sanadi.

Pelantikan kedua kepala daerah Kabupaten Tolikara dan Kepulauan Yapen ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri untuk mengesahkan kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih menjadi kepala daerah definitif pimpin Kabupaten Tolikara dan Kepulauan Yapen 5 Tahun kedepan.

“Atas nama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia saya Gubernur Papua melantik Usman G. Wanimbo dan Dinus Wanimbo sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tolikara serta Tonny Tesar dan Frans Sanadi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen periode 2017 – 2022,” kata Gubernur Lukas Enembe, saat melantik dan mengambil janji jabatan 2 kepala daerah di sasana krida kantor Gubernur Papua, Senin (16/10/2017).

Dalam sambutannya, Gubernur mengajak kedua kepala daerah yang baru di lantik agar dalam menjalankan Pemerintahan dapat merangkul semua lawan politik saat pilkada untuk mencegah terjadinya konflik pasca pelantikan.

“Kita tahu ini pertarungan luar biasa dalam pilkada di kedua kebupaten ini, terutama di Kabupaten Tolikara dulu kita perang suku itu karena masalah perempuan, tapi sekarang perang suku karena pilkada,”tegas Enembe.

Enembe juga mengingatkan khusus bagi Bupati dan Wakil Bupati Tolikara, Usman Wanimbo – Dinus Wanimbo  agar harus rangkul semua masyarakat Tolikara termasuk yang berseberangan jangan ada celah yang bisa menimbulkan konflik.

“Untuk Bupati dan Wakil Bupati Tolikara yang dilantik kamu harus hati hati jalankan pemerintahan, beri porsi yang sama kepada semua orang,” ujar Enembe.

Diharapakan kepada pasangan kepala daerah yang dilantik untuk bisa menempatkan diri sebagai tokoh pemimpin yang mengayomi dan bijaksana. “Kalian harus ingat sumpah dan janji kalian sewaktu dilantik serta tanamkan di hati kalian Merah Putih,” pesannya.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, Forkopimda Papua, Ketua TP PKK Propinsi Papua, Para pimpinan SKPD di lingkungan Provinsi Papua, DPRP serta Forkopimda dan DPRD dari Kedua Kabupaten. (heinz/nius)