Dishub Papua Masih Kurang Sarana Prasarana ASDP

668

Caption: Drs. Elia I. Loupattty, MM, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Papua.  (Piet Balubun/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dinas Perhubungan Provinsi masih kurang sarana dan prasana Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di kabupaten/kota untuk menyelesaikan keterisolasian pada wilayah-wilayah tertentu di Provinsi Papua.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Papua, Drs. Elia Loupatty, MM mengatakan Pemerintah Provinsi Papua mendorong agar sarana dan prasana ASDP perlu di tingkatkan karena pada jalur-jalur tertentu di beberapa wilayahnya sangat membutuhkan ASDP tersebut.

“Hingga kini ASDP ini baru terlihat berada di Sentani, Kabupaten Jayapura dan itu pun milik masyarakat atau swasta, belum ada yang milik pemerintah,” katanya kepada wartawan di Jayapura, Kamis (15/2/2018).

Keberadaan ASDP ini yang nantinya di bahas dalam rapat koordinasi tersebut dapat menjadi bagian dari penyelesaian keterisolasian di beberapa wilayah Papua, meskipun ada di tempat lain, namun ASDP ini hampir tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

“Untuk itu, karena ASDP ini berada dalam lingkup Dinas Perhubungan Provinsi Papua maka diharapkan dalam rapat koordinasi yang digelar oleh instansi ini, permasalahan tersebut dapat dibahas,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam rapat koordinasi teknis tersebut akan memastikan program dan kegiatan yang akan diselenggarakan oleh tiga strata pemerintahan yakni pusat, provinsi dan kabupaten lalu dikoordinasikan bahwa kalau ini dilaksanakan pasti ini disenangi oleh masyarakat.

“Pasalnya, hal ini memang dibutuhkan oleh masyarakat karena itu rapat ini saya rasa harus dibudayakan supaya ke depan tidak ada kecanggungan akhirnya kebutuhan masyarakat diabaikan,” jelasnya. [piet/loy]