Internet Gangguan, SMA se-Kabupaten Jayapura Terpaksa Jalankan UNBK Secara Manual

1120

Caption Foto : Ilustrasi pelaksanaan UNBK.

SENTANI, PapuaSatu.com – Teputusnya jaringan internet di Jayapura dan sekitarnya rupanya berdampak pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Jayapura.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, S.T, M.MT.

Dirinya juga menyebutkan akibat terputusnya sambungan internet, seluruh sekolah di Kabupaten Jayapura yang menjalankan UNBK tidak dapat tersambung ke server pusat sehingga saat ini menjalankan UNBK secara manual

“Hal ini terjadi karena terkendala jaringan internet di wilayah Jayapura dan sekitarnya yang sudah terjadi selama beberapa hari belakangan ini. Penyelenggara akan menyiapkan server khusus, dan hanya bisa diakses oleh peserta ujian,” Ucap Kadis Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, S.T., M.MT., yang ditemui wartawan usai pembukaan Rapat Kerja Daerah di Aula lantai II Kantor Bupati Jayapura, Sentani, belum lama ini.

“Jadi, tidak ada masalah. Pelaksanaan ujian UNBK tetap berlangsung, dan semuanya sudah berjalan dengan baik. Tidak ada kendala di hari ini (kemarin) karena menggunakan offline hingga hari terakhir pelaksanaan ujian UNBK,” tukasnya.

Menurutnya, persiapan terkait dengan pelaksanaan UNBK itu bukan hanya pihak Dinas Pendidikan saja, tetapi juga pihak sekolah sudah dibertahukan terkait dengan pelaksanaan UNBK tersebut.

“Memang sekolah ada disini, dan meskipun itu kewenangan provinsi. Tapi, kami juga tetap akan mensupport agar dapat menjaga pelaksanaan ujian di Kabupaten Jayapura untuk tingkat SMA itu harus ada dukungan dari Pemkab Jayapura. Oleh karena itu, bapak bupati pada pembukaan UNBK tingkat SMK pekan lalu menegaskan hanya datang mengecek fasilitas dan kelancaran UNBk tersebut,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh PapuaSatu.com bahwa jumlah peserta UNBK tingkat SMA/MA dan juga Paket C di Kabupaten Jayapura itu sebanyak 1.621 orang peserta, sedangkan jumlah sekolah penyelenggara tingkat SMA ada 14 sekolah serta 4 sekolah yang melaksanakan UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pensil) dan 3 sekolah untuk tingkat MA. [tyi/abe]