17 Kampung Di Kabupaten Jayapura Segera Menikmati Jaringan Seluler

30
Kadis Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon,ST bersama dua pimpinan PT IBS saat memberi keterangan pers, Kamis (11/8/22)

SENTANI, PapuaSatu.com – Penantian warga di 17 kampung yang ada di Kabupaten Jayapura akan layanan seluler segera berakhir.

Hal itu setelah pihak ketiga yang memenangkan tender proyek pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS) dari Bhakti Kementerian Kominfo, yakni PT Infrastruktur Bisnis Sejahtera (IBS) memastikan akan mulai melakukan pembangunan tower tersebut pada Sabtu (13/8/22).

“Time line di sini, tanggal 13 tim sudah di site, pararel nanti dua atau tiga hari material dikirim dari Jayapura ke masing-masing lokasi,” ungkap Regional Project Manager PT Infrastruktur Bisnis Sejahtera, Jhoan G. Bukit, bersama Kadis Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapos,ST kepada wartawan di Media Center Pemkab Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kamis (11/8/22).

Ditargetkan, pembangunan 17 BTS tersebut akan selesai alam waktu satu bulan.

“Target penyelesaian kita, dalam hal ini on air dan masyarakat bisa menggunakan jaringan seluler 4G yang dipancarkan dari BTS, kurang lebih satu bulan,” tuturnya.

Di kesempatan sama, Gustaf Griapon mengungkapkan bahwa 17 site BTS tersebut dibangun di kampung-kampung yang tersebar di lima distrik, yaitu Distr, Distrik Kaureh, Distrik Yapsi, Distrik Gresi Selatan, dan Distrik Yokari.

Dikatakan, 17 site BTS tersebut merupakan bagian dari 142 BTS yang diajukannya ke Bakti Kominfo.

“Kabupaten Jayapura kita ajukan sekitar 142 BTS, yang 104 site sudah dilakukan survai,” ungkapnya.

Kata Gustaf, bahwa Kabupaten Jayapura tidak masuk dalam kebijakan presiden tentang Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terjauh (3T), sehingga, pembangunan BTS tersebut masuk dalam program non 3T.

Selain 17 site tersebut, juga ada 9 site BTS yang akan dibangun oleh PT Indosat, dan 21 site dibangun oleh PT Telkomsel.[Yat]