Diguyur Gerimis, Upacara HUT RI ke 74 Tetap Berlangsung Hikmat

0
123
Bupati Keerom Muh. Markum saat menyerahkan bendera Merah Putih kepada petugas pengibar bendera dalam upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 Tahun di Kabupaten Keerom.
Bupati Keerom Muh. Markum saat menyerahkan bendera Merah Putih kepada petugas pengibar bendera dalam upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 Tahun di Kabupaten Keerom.

KEEROM, PapuaSatu.com – Upacara bendera untuk memperingati HUT Republik Indonesia ke 74 tahun di Kabupaten Keerom berlangsung hikmat. Walaupun dirundung cuaca gerimis upacara yang berlangsung dilapangan Arso Swakarsa tersebut tetap dihadiri oleh masyarakat.

Menurut Ketua Panitia HUT RI ke 74 dr. Ronny Situmorang kekhawatiran sempat melanda panitia yang akan melaksanakan persiapan upacara di pagi hari, karena cuaca sangat tidak mendukung. Apalagi pelaksanaan upacara jatuh tepat pada hari Sabtu yang merupakan hari libur bagi sebagian masyarakat.

“Iya sempat juga khawatir takutnya yang hadir tidak banyak, undangan memang sudah kami sebar tapi cuacanya ini ditakutkan bisa jadi penghalang.Tapi puji Tuhan semuanya berjalan lancar walau gerimis, masyarakat juga hadir memenuhi tenda yang kami siapkan,” ujarnya saat ditemui seusai pelaksanan upacara Sabtu (17/8/2019).

Tingginya antusias masyarakat Keerom dalam mengikuti upacara walau diguyur hujan, kata Ronny, membuktikan bahwa masyarakat di Kabupaten Keerom sangat menghargai perjuangan para pahlawan dan ingin merayakan hari kemerdekaan apapun yang terjadi.

Sementara itu Bupati Keerom Muh. Markum kepada wartawan mengungkapkan sebagai kepala daerah dirinyan tetap berharap di umur negara yang ke 74 tahun makin meningkat pembangunan didaerah. Sebab Keerom yang berada diwilayah perbatasan masih banyak pekerjaan pembangunan yang harus dilakukan.

“Saya ucapkan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 74 kepada seluruh masyarakat, mari kita sama-sama membangun dalam memajukan daerah kita ini. Semoga dengan umur ke 74 ini negara kita semakin kuat dan maju,” ujarnya seusai memimpin upacara bendera.

Sedangkan terkait thema HUT RI tahun ini yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju”, kata Markum pihaknya sangat menyambut baik thema tersebut. Karena dirasanya kualitas SDM sangat dibutuhkan dalam menopang proses pembangunan disegala bidang.

Untuk itu kedepan Keerom, tambah Bupati, akan terus meningkatkan fasilitas dan pelayanan pendidikan. Terutama dibeberapa distrik yang masih sangat kekurangan pelayanan dibidang pendidikan.

“Peningkatan SDM tentu kami lakukan secara kontinyu, itu sudah menjadi kewajiban kami selaku kepala daerah untuk menghadirkan pendidikan. Karena mau bangun Keerom harus diiringi dengan kualitas SDM yang baik dan itu didapat dari pendidikan,” paparnya.

Untuk itu Bupati Markum beharap dukungan seluruh masyarakat untuk terus bersama pemerintah dalam melakukan proses pembangunan daerah.

“Proses pembangunan kalau tidak didukung masyarakat akan sia-sia karena apapun yang akan kami lakukan semuanya bermaura untuk masyarakat. Jadi kebersamaan kita dalam proses membangun sangat penting dan saya berharap mari kita bersama-sama melakukan semua itu,” pungkasnya. (alf)