Fans Belanda di Piala Eropa 2024 Diimbau Tidak Lakukan Konvoi

54
Piet Wondiwoy
Piet Wondiwoy

MANOKWARI, PapuaSatu.com – Guna menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di kabupaten Manokwari, Fans tim Sepakbola Belanda di Piala Eropa 2024 diimbau tidak menggelar konvoi di malam hari.
Ketua Komunitas Manokwari Holand Club (MHC), Piet Wondiwoy mengapresiasi Kapolresta Manokwari, karena telah telah mengumpulkan semua fans tim sepakbola Piala Eropa 2024, dalam rangka mengecek keberadaan fans, dan hal itu sangat positif.
“Kami fans Belanda sangat merespon imbauan tersebut, karena banyak terjadi kecelakaan dalam konvoi. Maka sebagai ketua fans maupun komunitas berharap tidak ada konvoi di mala hari,”ujarnya kepada media ini, Selasa(02/07/2024).
Dikatakannya, jumlah fans tim berjulukan oranje di kabupaten Manokwari sesuai data MCH 3000 orang, dan semuanya memiliki kartu tanda anggota (KTA).
“Maka sesuai dengan imbauan Kapolresta, bahwa tidak boleh melaksanakan konvoi di malam hari setelah pertandingan. Mengingat Piala Eropa ini dilaksanakan pada malam hari, beda dengan Piala Copa Amerika 2024,”ucap Wondiwoy.
Sehingga, lanjut dia, sebagai ketua MHC sekal lagi mengimbau kepada fans Belanda maupun warga Manokwari yang mendukung tim Belanda, agar tidak melakukan konvoi.
“Karena sangat rawan. Banyak kecelakaan terjadi disebabkan oleh konvoi, seperti di Jayapura dan dibeberapa kota di tanah Papua. Saya berharap tidak terjadi di Manokwari,’imbuhnya.
Dia menyatakan, larangan konvoi pada malam hari bukanlah kemauan dirinya (Piet Wondiwoy-red) selaku ketua, tetapi demi kebersamaan dan keselamatan serta Kamtibmas.
“Tapi juga kita melakukan konvoi pada malam hari ini sangat menggangu, karena tanpa sadar Kita menggunakan kenalpot yang tidak boleh digunakan,”katanya.
Oleh karena itu, Wondiwoy menegaskan, Fans tim sepakbola Belanda hanya bisa melakukan konvoi pada siang hari atau sesuai waktu yang ditentukan yaitu pukul 06.00 WIT pagi sampai dengan pukul 18.00 WIT sore.
“Sedangkan untuk pertandingan Belanda vs Rumania pada tanggal 3 Juli 2024 pukul 01.00 WIT dini hari, tentunya Belanda akan menang”klaim Wondiwoy.
Maka untuk merayakan kenangan tersebut, dia mengemukakan, Fans Belanda di Manokwari akan melakukan konvoi pukul 15.00 WIT hingga pukul 18.00 WIT dengan di kawal pihak kepolisian.
Dicecar mengenai alasan MHC dibentuk untuk mendukung tim sepakbola Belanda, Piet Wondiwoy mengemukakan, Belanda sangat berjasa terlebih khusus bagi para orang tua di para fans.
Salah satunya, dia mencontohkan, dirinya selaku ketua MHC punya orang yang sangat mendapat perhatian dari Belanda dan memiliki keluargayanh tinggal di Negara Belanda ketika itu, bahkan dia (ketua-red) saat ini masih tinggal di rumah yang dibangun oleh Pemerintah Belanda.
“Jadi hubungan emosional kita dengan Belanda sangat erat, dan kita hanya bisa mencurahkan serta membalas jasa dengan memberikan dukungan kepada tim sepakbola Belanda,”tandasnya.[free]