Halal Bihalal, Pj. Bupati Jayapura Lepas Pemberangkatan Jamaah Haji

167
Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo saat melepas keberangkatan rombongan jamaah haji asal Kabupaten Jayapura dengan pengalungan syal kepada perwakilan jamaah haji
Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo saat melepas keberangkatan rombongan jamaah haji asal Kabupaten Jayapura dengan pengalungan syal kepada perwakilan jamaah haji

SENTANI, PapuaSatu.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura bersama masyarakat menggelar halal-bihalal di halaman Kantor Bupati Jayapura,  Gunung Merah, Sentani, Rabu (22/5/24).

Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo dalam sambutannya meminta kepada seluruh komponen, baik di pemerintahan dan seluruh masyarakat untuk dapat saling memaafkan dan menjalin sinergitas dalam mendukung seluruh proses pembangunan.

“Kami yakin Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura punya banyak kekurangan di dalam melayani masyarakat,” ungkapnya.

Sehingga di kesempatan silaturahmi halal-bihalal tersebut, Triwarno Purnomo menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan dalam melayani masyarakat.

“Selanjutnya saya ingin mengajak kita semua di dalam kesempatan halal bihalal ini kita tetap menjaga kebersamaan, menjaga persaudaraan kita,” ajaknya.

Mengingat sehari sebelumnya merupakan momen peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei, Pj. Bupati juga mengajak semua komponen di Kabupaten Jayapura untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan.

“Ini penting untuk kita saling mendukung, saling berkolaborasi, saling bersinergi dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Jayapura,” ujar Trowarno.

Dikatakan, seluruh komponen di Kabupaten Jayapura juga harus selalu bergandengan tangan.

“Pemerintah ini tidak bisa bekerja sendiri, kita harus selalu bergandengan tangan seluruh komponen yang ada di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Triwarno Purnomo meminta kepada seluruh masyarakat untuk menyikapi permasalah yang ada di tengah-tengah masyarakat dengan bijaksana, dengan tidak saling menghujat, terutama lewat media sosial.

“Persoalan dan pergumulan tetap menjadi perhatian pemerintah,” ujarnya lagi.

Dalam rangkaian halal-bihalal tersebut, Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo juga berkesempatan melepas keberangkatan rombongan jamaah haji asal Kabupaten Jayapura, yang ditandai dengan penyerahan bendera merah putih kepada ketua regu dan pengalungan syal kepada dua perwakilan jamaah haji.

Pj. Bupati berpesan kepada para jamaah haji untuk selalu menjaga kesehatan, dan terutama adalah meluruskan niat berhajinya.

Dan kepada pendamping serta tenaga medis, juga dipesan agar dapat melayani dengan baik, sehingga pelaksanaan ibadah ke tanah suci Makkah tersebut dapat berlangsung dengan baik dan semua dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan sehat serta memperoleh predikat haji yang mabrur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura, Pdt. Steven A. Wonmaly, S.Sos., MAP mengungkapkan bahwa total jamaah haji asal Kabupaten Jayapura ada 64 orang, namun yang tiga orang dimutasi ke Makassar, Sulawesi Selatan, sehingga yang diberangkatkan ada 61 orang.

Dari 561 orang jamaah haji tersebut, 41 orang masuk kuota reguler, dan 20 orang masuk kuota tambahan.

Jamaah haji tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 47 orang.[yat]