Hari Sagu, Polres Jayapura Tanam 78 Bibit Pohon Sagu

111

SENTANI, PapuaSatu.com – Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78 dan memperingati Hari Sagu, Polres Jayapura penanaman pohon sagu di Kampung Sabron Yaru Distrik Sentani Barat Kabupaten Jayapura, Jumat, (21/06) pagi.

Penanaman pohon sagu tersebut juga dilakukan oleh 10 pasangan anggota Polres Jayapura yang akan menikah, yang menjadi syarat srbelum menjalani nikah dinas di hadapan BP4R.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.I.K., M.H mengatakan, penananam sagu di tempat tersebut merupakan yang kedua kalinya setelah tahun lalu juga melakukan penanaman sagu namun banyak yang mati karena tidak ada perawatan saat penanaman.

“Secara teknis nanti dengan dinas terkait kebutuhan sagu yang ditanam, kerena kita punya sagu banyak tapi belum dikelola secara maksimal masih manual, artinya masih seperti biasa atau tanam ya tanam saja, tidak ada modernisasi dalam budidaya sagu,” ungkapnya.

Ditegaskan, bahwa Polres Jayapura akan berupaya agar bibit pohon sagu yang ditanam bisa terawat dan timbuh.

“Apakah nanti mungkin secara periodik kegiatan olahraga dikombinasikan dengan merawat hutan sagu atau ada kegiatan – kegiatan lain yang bisa kita kontrol pertumbuhan dan juga merawat dari tanaman sagu yang kita tanam ini,” tutup AKBP Fredrickus.

Sementara pemerhati lingkungan yang juga Ketua CPA Hirosi Marshall Suebu, S.Sos., M.Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa beberapa daerah juga melaksanakan hari sagu.

“Beberapa tahun terakhir pak Kapolres luar biasa menggenjot mendorong bagaimana orang mencintai sagu karena dari itu teman – teman semalam kami berdiskusi bersama para penggagas dan peduli sagu memberikan sebuah apresiasi berupa penghargaan sehingga mendorong supaya pak Kapolres – Kapolres lain peduli sagu,” tutupnya.[yat]