Mathius Awoitauw : KMAN VI Untuk Bangun Komitmen Jaga Kualitas Masyarakat Adat Untuk NKRI

44

SENTANI, PapuaSatu.com – Seluruh duta – duta masyarakat Adat Nusantara diajak untuk menjaga kualitas Masyarakat Adat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Mathius Awoitauw selaku Ketua Umum Panitia Kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI tahun 2022 di tanah Tabi, pada pelepasan kontingen Parade Pawai Budaya yang mengambil start di lapangan Theys Eluay.

“Dengan keanegaraman dan kekayaan yang ada kita bangun komitmen kualitas Masyarakat Adat untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Ketua Umum KMAN VI Matius Awoitauw , Senin, ( 24/10/2022).

Lanjut Awoitauw, dengan mamanjatkan syukur yang di saksikan oleh leluhur, Kongres Masyarakat Adat Nusantara yang akan berlangsung 24 -30 Oktober 2022 berjalan dengan baik sehingga hal -hal yang menyangkut dengan pembangunan kualitas hidup masyarakat Adat Nusantara dapat tersampaikan dengan bijaksana .

“Dengan memajatkan puji syukur kepada tuhan kualitas masyarakat adat dapat terjaga ” tutup Mathius Awoitauw saat secara resmi melepas pawai budaya KMAN VI.

Pawai Budaya Nusantara diawali dengan kontingen dan duta -duta masyarakat adat region Papua yang dikawal oleh 9 Dewan Adat Suku (DAS) yang ada di Kabupaten Jayapura.

Mengambil start dari Lapangan Theys, pawai dilaksakan dengan berjalan kaki dengan finis di Stadion Barnabas Youwe, yang dilanjutkan dengan Pembukaan KMAN VI Tahun 2022.[yat]