Menuju Kampung Anti Korupsi, Aparat Kampung Nendali Ikuti Bimtek dari KPK RI

70

SENTANI, PapuaSatu.com – Kampung Nendali, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura terpilih untuk menjadi kampung/desa percontohan dalam program Desa Anti Korupsi dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Karena itu, para aparatur kampung dan Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) serta masyarakat Kampung Nendali mendapat Bimbingan Tekjis (Bintek) dari KPK RI dan Kemendes PDTT, di Balai Kampung Nendali Selasa (25/7).

Pj. Bupati Jayapura diwakil Asisten III Setda Kabupaten Jayapura, John W. Tegai menyatakan apresiasinya atas terpilihnya Kampung Nendali dalam program tersebut.

“Karena menata pemanfaatan dana desa ini membutuhkan sentuhan-sentuhan lebih besar,” ungkap John Tegai saat ditemui wartawan di Kampung Nendali, Selasa (25/7).

Sehingga pihaknya menyatakan rasa syukurnya atas kehaditan KPK di Kabupaten Jayapura.

Ia berharap masyarakat dan aparat kampung yang mengikuti Bintek dapat mengikuti dengan baik.

Yang mana, Kampung Nendali akan menjadi kampung/desa percontohan bagi kampung-kampung lain di Papua.

Di kesempatan sama, Andika Widiarto, dari Kedeputian Peran Serta Masyarakat KPK RI mengungkapkan bahwa dilaksanakannya program desa anti korupsi tersebut dilatarbelakangi jumlah aparat kampung yang terjerat kasus korupsi dana kampung yang hampir mencapai 1000 kasus di seluruh Indonesia.

Ada dua faktor utama terjadinya korupsi, yakni adanya niat, dan kedua karena ketidaktahuan aparat desa/kampung.

“Kebanyakan yang terjadi karena ketidaktahuan administrasi,” ungkap Andika Widiarto.

Dikatakan, bahwa pembenahan administrasi di desa/kampung menjadi fokus utama dalam mewujudkan de/kampung anti korupsi.

Ada 5 komponen dan 12 indikator yang harus dipenuhi desa/kampung anti korupsi, salah satunya adalah tatalaksana, adalah pemenuhan semua atauran-aturan yang ada di dalam desa/kampung.

Juga sistem pengawasannya, pelayanan masyarakat, peran serta masyarakat dan potensi lokal yang menunjang terwujudnya desa anti korupsi.[yat]