Peduli Kerukunan Umat Beragama, Kabupaten Jayapura Terima Penghargaan Dari Menteri Agama RI

0
142
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro saat menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri, Fahrul Razi di Swissbell Hotel Jayapura, Kamis (3/9/20)
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro saat menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri, Fahrul Razi di Swissbell Hotel Jayapura, Kamis (3/9/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Atas komitmen dan kepeduliannya dalam menjadikan wilayahnya sebagai zona kerukunan antar umat beragama, Bupati Jayapura mendapat penghargaan dari Kementerian Agama RI.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Agama RI, Jenderal (Purn) Fahrul Razi bersama dengan lima kepala daerah kabupaten/kota di Papua lainnya dalam acara tatap muka bersama tokoh agama dan tokoh adat di Swissbell Hotel Jayapura, Kamis (3/9/20).

Kepala Daerah yang menerima penghargaan tersebut antara lain Bupati Jayapura, Bupati Kepulauan Yapen, Walikota Jayapura, Bupati Tolikara, Bupati Mamberamo Tengah dan Bupati Puncak Papua.

Penyerahan penghargaan disaksikan para tokoh agama serta adat di Papua, staf khusus Menag, Dirjen Bimas Kristen, Katolik, Buddha, Kepala PKUB, Majelis Rakyat Papua, Forkopimda dan DPR Papua, tokoh agama dari Aceh serta para Kakanwil Kemenag Papua, Aceh dan Maluku.

Menag Fahrul Razi mengungkapkan, penghargaan yang diberikannya setelah dirinya melalui kantor kementerian yang dipimpinnya mendapat informasi dari Pemerintah Provinsi, bahwa Pemerintah Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan tiga kabupaten lain di Papua, memiliki komitmen tinggi dalam menjaga kerukunan umat beragama.

“Itu kita dapat masukan dari Pemda sini, mana-mana daerah yang kerukunannya sangat bagus, kemudian kami beri penghargaan,” ungkapnya saat ditemui usai tatap muka.

Di kesempatan sama, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro menyatakan terima kasihnya atas penghargaan dari Menteri Agama RI.

“Kabupaten Jayapura kan telah lama dicanangkan sebagai zona integritas kerukunan umat beragama, dan itu menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk terus dijaga,” ungkapnya saat ditemui PapuaSatu.com.

Sekedar diketahui, zona integritas kerukunan umat beragama telah dicanangkan di Kabupaten Jayapura sejak 28 Mei 2016, yang saat itu juga dihadiri Menteri Agama RI yang menjabat saat itu, bersamaan dengan pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Papua dan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Tingkat Provinsi Papua.[yat]