Pemprov dan Masyarakat Rayakan Peringatan HUT Ke-1 Papua Tengah

100

NABIRE, PapuaSatu.com – Pemerintah Provinsi bersama ribuan masyarakat merayakan peringatan hari jadi pembentukan Provinsi Papua Tengah di Pusat Perkantoran, Kampung Karadiri, Nabire, Papua Tengah, Rabu (29/11/2023).

Perayaan HUT ke-1 Papua Tengah ini dihadiri ribuan masyarakat dari Kabupaten Nabire, pimpinan daerah delapan Kabupaten, anggota MRP Papua Tengah, pimpinan TNI-Polri, Forkopimda Papua Tengah, dihadiri Pj Gubernur Papua Tengah bersama Plh Sekda Papua Tengah.

Ketua Panitia Anwar Harun Damanik mengatakan, peringatan HUT ke-1 Papua Tengah ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas kehadiran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua Tengah.

Menurutnya, dasar hukum pelaksanaan HUT ke-1 Papua Tengah yakni, berdasarkan terbentuknya UU No 15 tahun 2022 tentang pembentukan Provinsi Papua Tengah.

“Secara UU, ini diterbitkan pada tanggal 25 Juli 2022, dimana enam bulan setelah diterbitkan UU menjadi diundang-undangkan secara resmi diresmikan Presiden RI Joko Widodo dengan dilantiknya Ibu Ribka Haluk menjadi Pj Gubernur pertama di Provinsi Papua Tengah,” ujar Damanik.

Sebagai bentuk rasa syukur atas peringatan HUT Papua Tengah yang genap satu tahun, panitia menyelenggarakan berbagai acara antara lain, ibadah syukur, stand pameran dari setiap OPD, pemutaran satu film pendek berjalannya roda pemerintahan di Provinsi Papua Tengah selama satu tahun, dan bakar batu.

“Para setiap OPD dilingkungan Provinsi Papua Tengah menampilkan seluruh hasil-hasil pekerjaannya yang dilakukan selama satu tahun penuh. Kami mengharapkan kepada seluruh pihak terutama masyarakat silahkan melihat hasil-hasil kerja yang sudah dilakukan oleh pemerintah Provinsi Papua Tengah dibawah kepemimpinan Ibu Pj Ribka Haluk,” harap dia.

Ia menjelaskan, seharusnya peringatan HUT ke-1 Papua Tengah ini diperingati pada tanggal 11 November 2023, namun dibatasi dengan padatnya kegiatan pemerintah sehingga diundur hingga 29 November 2023.

Ia menyebut, luas lokasi pusat perkantoran Papua Tengah memiliki seluas 300 Hektar. Ia mengakui proses pengurusan atas lahan sudah ditahap 98%.

“Kami bisa sampaikan saat ini proses pengurusan atas lahan sudah ditahap 98% dan sudah dilaksanakan musyawarah, sudah disepakati harga tinggal kita menunggu kepala BKN dari Jayapura datang dan ketika beliau datang, kita langsung membayarkan kepada seluruh masyarakat pemilik hak Ulayat yang sudah dinyatakan lengkap dokumen kepemilikannya,” jelas dia.

Ia juga menyampaikan selamat HUT ke-1 untuk Papua Tengah.

“Saya sebagai Plh. Sekda Papua Tengah mengucapkan selamat HUT ke-1 untuk Papua Tengah semuga Papua Tengah maju, aman, damai, dan tenteram,” tutupnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat senang menghadiri peringatan HUT ke-1 Papua Tengah karena hari ini adalah hari yang sangat teristimewa dan bersejarah bagi pemerintah dan masyarakat Papua Tengah.

“Hari ini, hari yang ke 384 setelah pengesahan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Tengah oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta pada tanggal 25 Juli 2022 dan penyesahan sistem pemerintahan yang ditandai dengan pelantikan dan penyesahan Pj Gubernur Papua Tengah dan hari ini adalah hari bersejarah bagi pemerintah dan masyarakat Papua Tengah,” katanya.

Ribka berharap kepada seluruh komponen masyarakat dan pemerintah persatuan komitmen untuk membangun Papua Tengah agar depan Papua Tengah menjadi Kabupaten yang aman dan damai serta disukai seluruh masyarakat di tanah air.

“Kita bersatu membangun Papua Tengah agar Papua Tengah menjadi provinsi yang disuka orang karena karena aman dan damai,” tutupnya.

Untuk diketahui, selain peringatan HUT ke-1 Papua Tengah, pemerintah provinsi juga memeringati HUT Korpri ke-52 pada saat yang bersamaan.

Kegiatan HUT Papua Tengah ini dimeriahkan dengan pelbagai kegiatan diantaranya yaitu, hiburan rakyat, pameran, pasar murah dan bakar batu.[Hendrik]