Telkomsel Siaga Untuk Pastikan Kesiapan Infrastruktur Konektifitas dan Layanan

33

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Telkomsel memastikan kesiapan dukungan infrastruktur konektivitas dan layanan digital terdepan untuk menyambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melalui Program Telkomsel Siaga.

Hal itu dengan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan broadband yang telah dilakukan Telkomsel di 493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia, yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik telekomunikasi secara signifikan.

Berbagai program dan promo spesial bagi pelanggan juga dihadirkan, serta bakti sosial bersama panti asuhan dan lansia di berbagai daerah di Indonesia, untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan dalam menikmati keseruan momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Indonesia.

Saptono, General Manager Network Deployment and Control Telkomsel Pamasuka mengungkapkan, untuk wilayah Regional Puma yang meliputi seluruh provinsi di Pulau Papua dan Provinsi Maluku, terdapat 15 Point of Interest (POI) yang tersebar di sepuluh kota.

“Ada pun 15 POI tersebut terdiri dari beberapa kategori, yaitu 8 POI fasilitas umum, 6 POI transportasi, dan 1 POI tempat ibadah,” ungkapnya dalam siaran persnya, Senin (19/12/22).

Dari 15 POI yang tersebar, ada 5 titik yang menjadi Superior POI, yang diprediksi tumbuh secara signifikan.

Tiga Superior POI berada di Branch Timika, yaitu Pelabuhan Pomako Timika, Pasar Sentral Timika, dan Komplek Timika Indah.

“Dua Superior POI berada di Branch Sorong, yaitu Alun Alun Aimas dan Trikora Wosi Manokwari,” lanjutnya.

Dan untuk mendukung kenyamanan dan kelancaran pelanggan dalam beraktivitas digital selama periode NARU, Telkomsel menyiagakan dua unit Compact Mobile BTS (COMBAT) yang berlokasi di Alun-Alun Aimas (Sorong) dan Trikora Wosi (Manokwari).

Selain itu optimalisasi jaringan berupa drive test dan rehearsal test juga dilakukan untuk memastikan semua jaringan bisa terjaga dan termonitor dengan baik.

“Saat puncak NARU, payload (traffic penggunaan data) diprediksi mengalami kenaikan sebesar 18% dibandingkan hari biasa dan naik sebesar 19% dibandingkan periode NARU di tahun lalu. Sementara itu voice traffic (penggunaan telepon) mengalami penurunan 2,6% dan jumlah pelanggan mengalami penurunan sebesar 0,8% dibandingkan hari biasa,” urainya.

Secara rinci, 15 POI di Regional Puma adalah untuk area Branch Jayapura adalah di Bandara Sentani, Pelabuhan Jayapura, Lapangan Trisila Jayapura, dan Hadi Supermarket (Biak Numfor), untuk area Branch Ambon adalah di Bandara Pattimura Ambon, Lapangan Merdeka Ambon, Taman Watdek (Maluku Tenggara), dan Terminal Binaya (Maluku Tengah).

Dedangkan area Branch Timika: Bandara Mopah Merauke, Pelabuhan Pomako Timika, Komplek Timika Indah, Pasat Sentral Timika, dan Gereja Santo Yoseph (Merauke), dan untuk area     Branch Sorong: Alun-Alun Aimas (Sorong) dan Trikora Wosi (Manokwari).

Sedangkan untuk seluruh Indonesia, lonjakan trafik layanan data (payload) diprdiksi mencapai 17,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa, dengan total payload diperkirakan mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1 persen apabila dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya.

Proyeksi pertumbuhan layanan data tersebut diperkirakan akan didorong oleh lonjakan pada sejumlah pemanfaatan akses layanan berbasis digital, mulai dari layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 31,7 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,8 persen, layanan streaming video meningkat sekira 29,4 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,6 persen, akses browsing naik 24,1 persen, dan akses layanan e-commerce tumbuh sekira 35 persen. Telkomsel memperkirakan trafik pada layanan SMS akan meningkat sebesar 7,9 persen, dan layanan panggilan suara akan turun 3 persen.[redaksi]