Bantuan Sosial Tunai Dari Kementrian Sosial Dikawal TNI-Polri Sampai ke Tangan Masyarakat

196
Caption : Tampak TNI-Polri saat mengawal proses pembagian bantuan sosial tunai dari Kementrian Sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Mappi Provinsi Papua, Jumat (19/06/2020).
Caption : Tampak TNI-Polri saat mengawal proses pembagian bantuan sosial tunai dari Kementrian Sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Mappi Provinsi Papua, Jumat (19/06/2020).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Aparat TNI-Polri mengawal ketat bantuan sosial tunai dari kementerian sosial yang di bagian langsung kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Mappi Provinsi Papua, Jumat (19/06/2020).

Sebelum pembagian bantuan Sosial Tunai, Wakil Bupati Ibnu Su’ud menegaskan, proses penyaluran pihak terkait wajib melibatkan aparat keamanan, yakni TNI/Polri atau Pol-PP.

“Itu dimaksudkan agar dalam penyaluran mendapat pengawasan dari institusi penegak hukum.Sebab dalam penyaluran bantuan kadang terjadi keributan karena adanya oknum-oknum yang sengaja membuat gaduh di tengah pandemi Covid-19 sehingga jika terjadi keributan yang menghentikan penyaluran bantuan,” ujar Ibnu.

Dikatakan, dalam pembagian bantuan sosial tunai,  petugas maupun masyarakat tetap mengikuti protokoler kesehatan pencegahan Covid-19.

Menurut Ibnu, pemerintah pun mengakui masih adanya data penduduk yang berhak menerima bantuan di klaim masih kurang tepat sasaran sehingga dianggap tidak transparan untuk itu kami sangat mengharapkan agar selalu berkoordinasi dengan semua pihak sehingga penyaluran bantuan tersebut dapat berjalan dengan baik dan yang paling penting harus tepat sasaran.

Sementara itu, Kapolres Mappi AKBP Cosmos Jeujanan, mengatakan, bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19 ini dibagikan secara cuma-cuma. “Jadi hati-hati, jangan sampai ada permainan dari tangan-tangan nakal oknum tak bertanggung jawab,” ujarnya.

Kapolres mengingatkan kepada pemerintah kampung hingga Distrik bahwa dana yang di peruntukkan kepada masyarakat untuk lebih bijaksana dan tepat guna, karena di masa pandemi ini banyak masyarakat kecil yang memang pantas di bantu.

“Kami berharap kepada warga untuk lebih bersabar dan jangan mudah emosi, karna dana yang di kucurkan oleh Pemerintah Pusat melalui kementerian sosial ini memang di peruntukkan untuk masyarakat yang di bawah kategori kurang mampu,” ujarnya. [redaksi]