Kapolda : Iven Offroad Diupayakan Jadi Agenda Tahunan

1003
Kapolda saat berposes bersama peraih juara umum setelah menyerahkan piala bergilir Kapolda pada Bhayangkara Offroad Cahmpionship 2018, di sirkuit IOF Papua, Sabtu (23/6/2018).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Setelah berlangsung dua hari (22-23 Juni 2018), Bhayangkara Offroad Championship resmi ditutup oleh Kapolda Papua, Irjen Pol. Boy Rafli Amar, di sirkuit Indonesia Offroad Federation (IOF) Papua, Jalan Baru Enggros, KOtaraja, Sabtu (23/6/2018).

Saat menutup iven tersebut, Kapolda menyatakan bahwa iven offroad akan diupayakan untuk mejadi agenda nasional.

“Kemarin kita kedatangan ketua IOF, Askar Kartiwa, kita menjajaki agar ini menjadi iven nasional,” ungkapnya saat ditemui awak media usai menutup Bhayangkara Offroad  Championship.

Hal itu tentunya bila dari sisi pertandingan, manajemen pertandingan dan kelayakan tempat maupun perlengkapan para peserta sudah dikategorikan layak untuk dapat dijadikan standart pertandingan yang levelnya nasional. “Maka nanti akan dievaluasi oleh IOF Pusat,” jelasnya.

Iven Bhayangkara Offroad Cahmpionship sendiri, digelar bersama-sama antara kepolisian dan organisasi IOF Papua,  sebagai upaya menampung masyarakat penghobi offroad di Jayapura yang sudah beberapa bulan ini mencoba untuk menyelenggarakan acara yang telah lama vakum.

Momen hari Bahayangkara ke-72 yang diperingati pada 1 Juli nanti, dipilih Kapolda Papua sebagai momen yang tepat, karena sebagai salah satu olahraga yang penuh tantangan yang berkaitan dengan alam, diharapkan dalam kondisi tertentu yang membutuhkan keahlian offroad bisa dimanfaatkan, dengan melihat kondisi Papua memiliki tantanagn alam yang luar biasa.

Sehingga keberadaan para offroader juga menjadi semacam kekuatan masyarakat di dalam ikut membantu jika ada misi-misi di dalam penanggulangan bencana alam dan misi-misi kemanusiaan lainnya.

Selain menyalurkan hobi dan bakat offroader, Bhayangkara Offroad Cahmpionship juga sekaligus mencari bibit-bibit atau para offroader yang handal untuk bisa mewakili Papua tampil pada iven nasional.

Dan kedepan diagendakan untuk digelar kembali dim omen hari Pahlawan Nasional 10 November 2018. “Masih dalam skala yang level Papua dulu. ini kan untuk menyalurkan bakat-bakat terpendam yang selama ini tidak tersalurkan,” ujar Kapolda.

Dalam Bhayangkara Offroad Cahmpionship Tahun 2018, berhasil keluar sebagai juara umum ofroader atas nama Armanto dengan nafigator Arvaro yang turun di kelas 2500 CC Upper, yang meraih poin sempurna 200 poin.[yat]