Kapolres Asmat Sampaikan Maklumat Kapolri Pada Kampanye Damai Pilkada

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Kapolres Asmat, AKBP Andi Yoseph Enoch, S.I.K membacakan Maklumat Kapolri  terkait kepatuhan terhadap protkol kesehatan untuk dapat dilaksanakan pada pemilihan Kepala Daerah secara serentak tahun 2020.

Maklumat Kapolri ini dibacakan Kapolres saat menghadiri deklrasi kampanye damai dan sehat pemilihan Bupati dan wakil Bupati di Kabupaten Asmat  yang berlangsung di Aula serba guna Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Kamis (24/09/2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Ketua KPU Kabupaten Asmat, Veronikus Ase, Ketua Bawaslu Kabupaten Asmat, Markus Pasan, S.Pd, , Pabung Kodim 1707 Merauke di Agats, Mayor Czi Abd Komar, Kepala Keuskupan Agats, Mgr. Aloysius Moerwito, OFM, Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Asmat, Ruland Yembise, Calon Bupati dan Wakil Bupati Asmat Tahun 2020.

Kapolres mengatakan, Maklumat Kapolr ini diantarnya,  pertama Pemilihan Kepala Daerah merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat secara konstitusional yang di lindungi oleh undang-undang, maka diperlukan penegasan pengaturan agar tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid – 19.

Kedua, untuk memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan kepada penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih dan seluruh pihak yang terkait dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran Covid – 19 pada adaptasi kebiasaan baru, dengan ini Kepala Kepolisian mengeluarkan Maklumat:

Menurut Kapolres,  dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2020, tetap mengutamakan keselamatan Jiwa dengan mematuhi kebijakan dan peraturan pemerintah terkait penanganan, pencegahan serta protokol kesehatan Covid – 19.

“ Penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih dan seluruh pihak yang terkait pada setiap tahapan pemilihan wajib menerapkan protokol kesehatan Covid – 19 dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” tekan Kapolres.

Bahkan, lanjutnya,  pada kampanye nanti diharapkan pengerahan massa pada setiap tahapan pemilihan tidak melebihi batasan jumlah massa yang telah di tetapkan oleh penyelenggara pemilihan.

“Jadi bagi siapa saja yang sudah menyelesaikan pelaksanaan kegiatan tahapan pemilihan, semua pihak yang terlibat dan masyarakat agar segera membubarkan diri dengan tertib tanpa arak – arakan, konvoi atau sejenisnya,” harapnya.

Kemudian ketiga, lanjut Kapolres, bahwa apabila di temukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap Anggota Polri wajib melakukan tindakan Kepolisian yang di perlukan sesuai ketentuan perundang – undangan yang berlaku. “Maklumat ini di sampaikan untuk di ketahui dan di patuhi oleh seluruh masyarakat,” ujarnya.

Usai pembacaan Maklumat, dilanjutkan Pembacaan Deklarasi Kampanye damai dan sehat oleh Ketua Tim kampanye bersama pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Asmat tahun 2020 yang intinya setiap pasangan calon bersama semua pendukung siap melaksanakan Kampanye yang damai, santun dan berbudaya serta menghindari segala bentuk kekerasan, Provokasi, tidak akan melakukan kampanye hitam, tidak melakukan politik uang dan politisasi sara.

Bahkan setiap pasangan bersama semua pendukung siap melaksanakan Kampanye dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam rangka pencegahan wabah Covid – 19, patuh dan taat terhadap peraturan perundang – undangan yang berkaitan dengan pelaksanaan dan larangan selama masa kampanye.

Kegiatan diakhiri dengan dilakukan Pengesahan Deklarasi Kampanye damai dan sehat di tandai dengan pemukulan Tifa secara bersama – sama oleh Ketua KPU bersama Anggota KPU Kabupaten Asmat, Ketua Bawaslu bersama Anggota Bawaslu, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Asmat tahun 2020 nomor urut 1 dan 2 serta ketua Tim kampanye, Kapolres Asmat, Pabung Kodim 1707 Merauke di Agats, Ketua Tim gugus tugas penanganan Covid – 19 Kabupaten Asmat. [redaksi]