Peduli Lingkungan, Bhayangkari Polda Papua Bersihkan Pantai di Pemukiman Terapung

1710
Caption Foto : Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny. Pintha Yakobus Marjuki bersama pengurus Bhayangkari saat sedang memungut sampah di pemukiman terapung sepanjang pantai Hamadi RW 03 Kelurahan Hamadi, Selasa (6/3/2018). (Humas Polda/PapuaSatu.com)

Caption Foto : Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny. Pintha Yakobus Marjuki bersama pengurus Bhayangkari saat sedang memungut sampah di pemukiman terapung sepanjang pantai Hamadi RW 03 Kelurahan Hamadi, Selasa (6/3/2018). (Humas Polda/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Wakil ketua Bhayangkari daerah Papua Ny. Pintha Yakobus Marjuki bersama pengurus Bhayangkari daerah Papua secara bersama-sama Bhakti social peduli lingkungan dengan melakukan pembersihan Pantai di pemukiman terapung sepanjang Pantai Hamadi, distrik Jayapura Selatan-Kota Jayapura.

Bhakti sosial yang berlangsung pada Selasa, 6 Maret 2018 pagi tersebut disambut langsung oleh Ketua RT/RW kelurahan 03 Hamadi Jemak Fonataba bersama seluruh masyarakat pemukiman Kampung Nelayan Hamadi, distrik Jayapura Selatan.

Namun turun melakukan pembersihan, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua bersama pengurus melakukan pertemuan singkat dengan warga setempat, bagaimana menjadi hidup sehat setelah lingkungan bersih.

Caption Foto : Wakil ketua Bhayangkari daerah Papua Ny. Pintha Yakobus Marjuki saat menyampaikan sambutan sebelum melakukan bhkasi social peduli lingkungan, Selasa (6/3/2018). (Humas Polda/PapuaSatu.com)

Dalam sambutannya Wakil ketua Bhayangkari daerah Papua mengatakan, peduli lingkungan dan pembersihan pantai di pemukiman terapung sepanjang Pantai Hamadi ini merupakan implementasi program kerja Bhayangkari dengan mengedepankan Bhayangkari peduli lingkungan, sehingga mengajak masyarakat untuk hidup bersih guna mencapai kesehatan yang lebih baik.

“Gerakan hidup bersih merupakan salah satu iman. Ingat sebelum meninggalkan rumah kita tetap menjaga kebersihan rumah dan lingkungan keluarga kita masing-masing agar tetap terjaga dalam kondisi yang bersih,” kata Ny. Pintha Yakobus Marjuki.

Pada kesempatan itu ia mengajak masyarakat di kawasan pemukiman Kampung Nelayan Hamadi untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dan menjaga kebersihan pantai.

Sebab menurutnya, kebersihan pantai sangat besar pengaruhnya dari kelestarian alam.  “Kita harus bersihkan pantai dari limbah-limbah  plastik karena limbah plastik tidak akan bisa terurai dalam waktu bertahun tahun,” imbaunya.

Pada kesempatan itu, Ketua RW 03 kelurahan Hamadi, Jemak Fonataba memberikan apresiasi atas kegiatan positif yang dilakukan oleh Pengurus Bhayangkari Papua. “Ini sesuatu kebanggan bagi kami warga untuk menyadarkan tentang kebersihan lingkungan,” katanya.

Selama ini, kata Jemak, belum ada pimpinan dari lembaga lain dating melakukan pembersihan sampah di lingkungan pantai kompleks. “Ini merupakan pertama kali Pengurus Bhayangkari daerah Papua dating melakukan kebersihan dan mengajak warga agar peduli lingkungan,” paparnya.

Usai pertemuan, dilanjutngan dengan pembersihan sampah-sampah plastik di sekitaran lingkungan pemukiman masyarakat RW 03 Hamadi. Usai pembersihan juga dilanjutkan penanaman pohon bakau di pesisir pantai Hamadi oleh pengurus Bhayangkari daerah Papua. [humas/loy]