Pelti Papua Siap Turunkan Atlet OAP Di PON 2020

594
Sekda Heery

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Lapangan Indonesia Papua siap menurunkan atlet orang asli Papua (OAP) untuk memperkuat tim Pelti Papua pada ajang pekan olahraga nasional ke XX tahun 2020 mendatang.

“Memang kami sudah mempersiapkan anak – anak Papua terutama Nando Kalem dan Paulina Kalem yang menurut hemat dan penilaian kami selama ini punya kemauan yang luar biasa dan dalam waktu dekat kami kirim keluar lagi setelah ujian nasional ini untuk mengikuti latihan di luar Papua,” kata Ketua Pengprov Pelti  Papua, Hery Dosinaen, S.IP MKP kepada wartawan di Jayapura, Senin (19/2/2018).

Dikatakan, pada saat PON XIX di Jawa Barat ada pembatasan usia untuk cabang olaharaga tenis namun tenis lapangan sudah ada keputusan bahwa PON 2020 di Papua bebas usia.

“PON Papua ini kami belum mendapatkan petunjuk secara langsung dari Pelti Pusat terkait pesertanya tapi ada informasi bahwa ini bebas usia makanya kami juga dari sekarang harus konsolidasi apa – apa yang harus kami lakukan,” jelasnya.

Hery Dosinane menjelaskan di PON XIX Provinsi Papua baru pertama kali ikut menurunkan atlet tenis lapangan dan langsung mendapatkan satu medali emas dua perunggu dan enam medali emas di peroleh Provinsi Jawa Timur.

“Artinya dari Provinsi – Provinsi yang ikut termasuk DKI dan Jawa Barat tidak mendapatkan medali emas di cabang olahraga tenis lapangan pada PON XIX Jawa Barat,” ujar Dosinaen.

Untuk fasilitas lapangan tensi lapangan direncanakan ada dua lokasi untuk indoor dan outdoor. “Kita rencana outdoor di lapangan tenis kantor Walikota Jayapura dan indoor di lapangan tenis Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua, itu di bangun kembali sesuai standar nasional dan sudah tinjau semua,” jelasnya. [piet/loy]