Polda Papua Bersama TNI, Sat Pol PP Patroli Bersama dan Phyisical Distancing

194

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Aparat gabungan Polda Papua bersama TNI dan Satpol PP melaksanakan patroli bersama sekaligus penindakan dan Physical Distanding (Pembatasan Sosial) dalam rangka pencegahan Covid-19 di Kota Jayapura, Senin (25/05/2020) sore pukul 14.00 WIT.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal dalam press releasenya mengatakan,  kegiatan penindakan dan pembatasan sosial ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah berkembangnya virus corona yang ada Papua dan dalam pelaksanaan ini tetap dikedepankan penindakan secara humanis sehingga masyarakat bisa paham dan tau maksud dari tujuan kegiatan ini yang mana kegiatan pembatasan ini dimulai pukul 14:00 Wit.

Dijelaskan titik – titik yang dilakukan pembatasan sosial aktifitas masyarakat dengan cara penutupan jalan protokol. Dimana Perwira Pengendali dan jumlah personil pengamanan serta waktu pelaksanaan Diantaranya, Pos simpang Mandala dipimpin oleh Kapolsek Jayapura Utara Iptu Handry Bawiling, Sos.,MM di dampingi Kanit Pam Obvit Polresta Jayapura Kota Ipda Runde Mangelo dan Kanit Intel Polsek Jayapura Utara Ipda Eddy Idris.

Pos Traffick Light Dok II dipimpin oleh Waka Polsek Jayapura Utara IPTU Septinus Mambruaru dengan jumlah Personil gabungan. Pos Taman Imbi Simpang Bank Papua dipimpin oleh Kasubdit Gasum Direktorat Samapta Polda Papua AKBP Ferdian Indra Fahmi, S,IK.

Pos simpang Variant dipimpin oleh Kasat Reskrim Polresta Jayapura Kota AKP Yoan Febriawan, SH, S.I.K di dampingi Kasat Intelkam Polresta Jayapura Kota AKP Beddu Rachman.

Dalam kegiatan yang dilakukan, kata Kamal,  tim gabungan memberikan imbauan guna membubarkan masyarakat yang masih melakukan aktivitas diatas jam 14.00 WIT.

“Adapun sasaran Patroli yang dilakukan oleh personel pengamanan yaitu seputaran Jalan Samratulangi – Jalan Ahmad Yani Mal Jayapura – Kompleks APO – DOK V – DOK IX – Pantai Base – G dan Kembali ke Posko Taman Imbi,” jelasnya.

Dari data yang di peroleh, Kamal menegaskan, bahwa dalam patroli tersebut personel pengamanan berhasil membubarkan pemuda yang sedang ingin meminum minuman keras diseputaran Pantai Base-g.

Pada kesempatan itu, Iptu T.B Silotonga memberikan memberikan edukasi kepada pemuda dan pemilik tempat rekreasi untuk tetap berada dirumah. “taati himbauan dan instruksi pemerintah, pembatasan aktivitas dimulai pukul 06.00 sampai dengan 14.00 Wit setelah melewati jam tersebut tidak ada lagi aktivitas masyarakat,” katanya mengutip imbauan Iptu Silitonga.

Bahkan kepada penjual pinang dan ikan yang berada di seputaran DOK IX untuk menutup jualannya dan kembali ke rumah untuk mengikuti Instruksi pemerintah dan selalu menggunakan masker saat keluar rumah atau pada saat bepergian, serta selalu rajin mencuci tangan setelah beraktifitas di luar rumah.

“Masyarakat diminta harus mematuhi Instruksi Pemerintah Provinsi Papua bahwa mulai pada tanggal 16 Mei 2020 segala Aktivitas Perkantoran, Perdagangan dan Pusat Ekonomi   Masyarakat dimulai dari pukul 06.00 Wit sampai dengan  14.00 Wit,” katanya.

Pemabatasan aktivitas yang disepakati bersama seluruh Muspida di Provinsi Papua, Kabupaten maupun Kota harus ditutup pukul 14.00 Wit.

“Jam tersebut aktivitas masyarakat harus diberhentikan (ditutup) dan dihimbau untuk untuk tetap tinggal dirumah demi kesehatan kita bersama dalam mencegah dari Virus Corona (Covid-19). Bagi masyarakat yang melanggar batas waktu yang telah di tentukan oleh Pemerintah akan dilakukan penindakan,” pungkasnya. [redaksi]