Tim Polmas Papan Jadi Pioneer Pengamanan Masyarakat

840

MIMIKA, PapuaSatu.com – Sebanyak 21 warga masyarakat di kawasan Poumako kabupaten Mimika yang tergabung dalam Tim Polmas Papan (Polisi Masyarakat Pemuda Peduli Keamanan) menjadi pioneer untuk membantu kepolisian dalam menjagana situasi keamanan di wilayah Poumako, kabupaten Mimika.

Tim Papan yang dibentuk oleh Kepolisian Sektor Pelabuhan Poumako ini akan dilantik usai melakukan pertemuan dengan Dit Binmas Polda Papua Polsek Pelabuhan Poumako, Sabtu 5 Mei 2018.

Pertemuan dihadiri Direktur Binmas Polda Papua Kombes Pol Andi Heru Santo SST, SH, MH,  Kasubdit Satpam AKBP Dwi Iriani , Kaur Keu AKP Nurjana S.Sos, Kabagsumda Res Mimika AKP Florensin Nari SH, Kapolsek Pelabuhan Poumako Ipda Khairul Umam S.Tr.K, Ketua RT 9 Adam Sir dan  Polmas Papan sebanyak 21 orang.

Direktur Binmas Kombes Pol Andi Heru Santo mengatakan, terbentuknya Tim Polmas Papan (Pemuda Peduli Keamanan) pada wilayah Kawasan Pelabuhan untuk membantu Polsek dalam menjaga situasi dan Kamtibmas.

Ia merasa bangga atas terbentuknya Polmas Papan, dan dukungan fasilitas tempat tinggal posko container. Diharapkan jika ada legalitasnya dalam pembentukan Polmas Papan ini pemerintah akan mendukungnya.

“Rencana ke depan dengan terbentuknya Tim Polmas Papan maka akan diseleksi untuk bisa menjadi pengamanan lainnya seperti Satpam (Satuan Pengamanan) dan ini akan ada pendidikannya dan siap ditempatkan diperusahaan.

Heru Santo berharap kepada ketua RT untuk bisa ikut andil dalam pembentukan Polmas Papan dan menyeleksi agar dapat menjalankan tugas dalam membantu pihak Kepolisian, untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Poumako.

Namun diharapkan kepada tim Polmas Papan untuk tidak tidak mengkomsumsi miras, atau melakukan perbuatan yang melakukan pelanggaran. “Kehadiran Polmas Papan justru mendukung pihak kepolisian memberantas minuman lokal yang beredar disekitar kawasan pelabuhan Pomako,” tukasnya.

Lingkungan dan segala kegiatan di pelabuhan ini harus nyaman dan tidak terlepas dari bantuan Polmas Papan menjaga Kamtibmas.

Sementara pihak kepolisian akan berupaya agar masyarakat dapat maju dan tidak ada peredaran miras serta masyarakat tidak mabuk, hingga tercipta nyaman terhadap kegiatan diwilayah pelabuhan.  “Disiplin, dan tepat waktu untuk pelaksanaan tugas agar terbiasa, dan harus iklas dengan sebagai Polmas Papan serta tidak berkecil hati,” katanya.

Sementara itu Kapolsek Pelabuhan Poumako mengatakan bahwa Tim Polmas Papan terbentuk berdasarkan kejenuhan masyarakat terhadap banyaknya kejadian-kejadian kekerasan, Kekacauan, yang disebabkan tidak adanya kepedulian dan perhatian terhadap lingkungan sekitar.

Dengan kejadian itu, kata Kapolsek, pihaknya mengajak para tokoh masyarakat-tokoh agama serta tokoh pemuda untuk membuka wawasan supaya bersama-sama menjaga keamanan di lingkungan sekitar.

Selain ditugaskan sebagai pemuda peduli keamanan, Tim ini  akan berperan aktif terhadap kepedulian Pendidikan khususnya bagi anak-anak yang tidak sekolah maupun putus sekolah akibat faktor ekonomi.  “Tim papan kegiatan sehari-harinya membantu tugas pihak kepolisian seperti ikut berpatroli di area Pelabuhan dan apabila menemukan adanya barang2 ilegal maupun Minuman Lokal harap meberikan informasi kepada pihak kepolisian,” papar dia.

Salah satu perwakilan tokoh masyarakat Adam Cir menyampaikan bahwa selaku tokoh masyarakat Poumako mengucapkan terimakasih kepada pihak kepolisian atas adanya Polmas Tim PAPAN, karena banyak sekali perubahan-perubahan prilaku masyarakat yang biasa melakukan kekacauan menjadi berkurang serta tidak adanya lagi kumpul-kumpul miras di pinggir jalan atau di rumah-rumah.

“Kami berharap ke depan dapat terlaksana dan bisa membantu tugas Kepolisian dalam melakukan tugas sehari-hari serta bisa membantu menjaga lingkungan sekitar dengan aman,” harapnya. [loy]