Wakapolda Papua Buka Kegiatan Supervisi Divisi Humas Polri di Polda Papua

47

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H. membuka kegiatan Supervisi Divisi Humas Polri Di Polda Papua yang bertempat di Aula Rastrasamara Polda Papua, Senin (25/07).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TIM Supervisi Divisi Humas Polri Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H., Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H. serta para PJU Polda Papua.

Dalam kesempatannya Wakapolda Papua menyampaikan hadirin yang saya hormati, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa berdasarkan Perkap No. 1 tahun 2019 tentang Sistem, Manajemen dan Standar Keberhasilan Operasional Polri yaitu dengan ditempatkannya fungsi Humas sebagai fungsi utama, dan tantangan di era Revolusi Industri 4.0 dimana pada era ini, industri mulai menyentuh dunia virtual, membentuk konektivitas antar manusia, mesin dan data, yang dikenal dengan nama Internet Of Things (IOT).

“Hadirin yang saya banggakan, sebagai wujud komitmen Humas Polri sebagai pelaksana program ke-13 dari program prioritas Kapolri Presisi Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si adalah pemantapan komunikasi publik, yang telah di realisasikan dan diaktualisasikan oleh humas Polri melalui program penguatan sistem komunikasi publik, layanan hubungan media, penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan kemitraan dengan berbagai pihak,” ucap Wakapolda.

Wakapolda melanjutkan Kabid Humas Polda dan jajaran adalah garda terdepan dalam menyampaikan situasi sebenarnya kepada masyarakat, mengklarifikasi fenomena dan peristiwa yang menyangkut keamanaan dan ketertiban, mencounter isu dan sebagai tonggak citra Kepolisian.

“Dalam waktu 3 hari ini tim dari Divisi Humas Polri akan melaksanakan supervisi di Bid Humas Polda Papua dan Humas Polres Jajaran terdekat untuk mengecek tentang pelaksanaan kehumasan di wilayah Polda Papua mulai dari aspek pelaksanaan, aspek Garkeu, aspek SDM, aspek Ops, aspek logistik dan aspek Wasdal,” ujarnya.

Saya selaku Wakapolda Papua mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Dikesempatan yang sama, sambutan Kadiv Humas Polri yang di bacakan oleh Ketua TIM Supervisi Divisi Humas Polri, hadirin yang berbahagia tujuan utama dari supervisi salah satunya adalah uji petik kinerja satuan wilayah Divisi Humas Polri untuk mengukur aspek perencanaan, pelaksanaan, manajemen dan evaluasi Polri khususnya di bidang Kehumasan.

“Sinkronisasi besaran anggaran Divisi Humas dengan Bidhumas merupakan salah satu aspek penting. karena Polri merupakan organisasi dengan kinerja berbasis anggaran. Jika dimasa terdahulu Humas hanya sebagai fungsi pendukung dan tidak menjadikan prioritas dalam menjalankan tugas pokok Polri,” ungkapnya.

Betapa pentingnya penguasaan informasi, penguasaan media sosial sehingga pucuk pimpinan Polri selalu menempatkan fungsi kehumasan tepatnya penguatan media sebagai salah satu dari prioritas program-programnya.

“Penempatan SDM muda dan memahami teknologi informasi serta komunikasi, sekaligus menguasai teknik peliputan maupun multimedia dapat menjadi pelukis citra Polri. Humas juga diharapkan tidak bekerja sendiri, tetapi selalu dipahami bahwa Humas kini menjadi fungsi utama. wajib menerapkan operasi khusus, yaitu Operasi Kehumasan,” tutur Kombes Pol Ade Yaya.

Pada kesempatan ini saya mengharapkan bapak Kapolda dan seluruh PJU Polda Papua untuk bersama-sama membangun fungsi kehumasan ini, jadikan fungsi kehumasan sebagai bagian tidak terpisahkan dalam menjalankan tugas pokok pada fungsinya masing-masing.

“Mari kita libatkan diri dengan media masa, media online, media sosial, jalinlah komunikasi secara intens dengan para awak media maupun netizen penggerak media sosial, komunitas-komunitas sosial, suku, agama, serta komunitas hobi dan lain sebagainya,” tandas Ketua Tim Supervisi Div Humas Polri. [redaksi]