Anjing Pelacak Polisi Mahir Mendeteksi Narkotika, Bahan Peledak dan Pelacak SAR

179

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Anjing pelacak milik polisi yang dirawat dan dilatih oleh Unit Satwa (K9) Direktorat Samapta Polda Papua, memiliki spesifikasi kemampuan sebagai pelacak Narkotika, Bahan Peledak dan Pelacak SAR.

Dan untuk mengasah keterampilan atau kemampuan satwa anjing tersebut, dilakukan latihan rutin.

Seekor satwa anjing yang diterjunkan untuk latihan Hari Selasa (23/6/20) bernama Arko.

Sebelum melakukan latihan, terlebih dahulu dibersihkan kandangnya.

Pelatihan rutin tersebut  supaya Satwa anjing Unit Satwa (K-9) Direktorat Samapta Polda Papua lebih mahir dan siap siaga jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Selain itu, untuk melatih kemampuan indra penciuaman dan pelacakan supaya tetap terjaga baik dalam membantu tugas Kepolisian.

“Beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya memandikan anjing tiga kali dalam seminggu, menjaga kesehatan dengan rutin dilakukan pemeriksaan ke dokter hewan, menjaga kebersihan kandang serta memotong bulu dan kuku,” ungkap Kanit Satwa K-9, AKP Musa Rumbiak, Selasa (23/6/20).

Unit Satwa K-9  mempunyai cara jitu untuk memulihkan stamina pasukan satwanya, yaitu dengan rutin memberikan vitamin dan latihan fisik setiap harinya.

Pihaknya terus meningkatkan kemampuan Anjing pelacak tersebut, dimana setiap hari berlatih bersama, yang mana dapat diperbantukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam pengamanan tugas teknis kepolisian dan operasi kepolisian lainnya.

AKP Musa Rumbiak menambahkan, keberadaan Unit Satwa K-9 sangat membantu tugas Polri, karena dari kepintaran dan ketangkasannya, anjing tersebut kerap digunakan untuk mengungkap kasus maupun pelacakan benda berbahaya atau zat adiktif yang terkadang disembunyikan oleh para pelaku kriminalitas.

“Dengan adanya pelatihan ini, tak hanya kemampuan sang anjing yang meningkat tetapi pawangnya juga akan semakin mahir dan selalu siap saat dibutuhkan,” ujarnya.[yat]