Ini Alasan CODE Tidak Hadir Dalam Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Pegubin

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Ketidakhadiran pasangan calon dengan nomor urut 2 dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Costan Oktemka, SIP dan Decky Deal, SIP (CODE) menimbulkan tanda tanya.

Maka, Tarius Mul, S.Sos sebagai politisi dari Partai Demokrat yang merupakan salah satu partai pendukung pasangan CODE ini pun membeberkan alasannya.

“Kita perlu ketahui bersama bahwa ketidakhadiran CODE dalam debat itu bukan karena pasangan CODE tidak mampu berdebat, hanya saja KPU harus intropeksi diri karena kesalahan yang dibuatnya,” bebernya kepada PapuaSatu.com melalui pesan whatsapp, Senin (16/11) malam.

Menurutnya, KPU dinilai tidak tegas dalam mengambil keputusan karena hingga saat ini pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pegubin dengan nomor urut 1 yaitu Spey Yan Birdana, ST, Si dan Piter Kalakmabin (SEPTE) belum memenuhi syarat pencalonan.

“Masih belum ada surat SK pemberhentian dari instansi berwenang baik itu ASN maupun anggota legislatif hingga hari ini. Padahal batas waktu dari KPU hanya sampai 30 hari sebelum pemilu jadi tanggal 9 November itu sudah jatuh tempo tapi KPU tetap melanjutkan tahapan-tahapan pilkada,” ungkap Tarius yang juga menjabat sebagai anggota Komisi V DPRP Papua.

Pasangan CODE sendiri sudah mencoba menyurat ke KPU sebagai bentuk protes tetapi belum dihiraukan maka pihaknya sepakat untuk tidak hadir dalam debat karena KPU harus beri kepastian. “Harus ada kepastian hukum kepada tim CODE kenapa harus menerima tim SEPTE ditahap pemilu selanjutnya. Kita juga perlu kepastian dari KPU RI agar KPU daerah bisa ambil langkah,” tukasnya. [ayu]