Keberlanjutan Otsus Untuk Kesejahteraan Masyarakat di Bumi Cendrawasih, Herman Yoku : Saya Saran Dana Otsus kali Ini Diberikan Langsung Kepada Masyarakat Adat

Herman Yoku
Herman Yoku

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Tokoh adat Tabi, Herman Yoku, memberikan dukungan penuh terhadap Otonomi Khusus (Otsus) tetap berlanjut demi kesejahteraan Masyarakat di Bumi Cenderawasih Papua.

“Otsus harus tetap dilanjutkan, tetapi berlanjutnya Otsus harus benar-benar tepat sasaran kepada masyarakat yang ada di Papua,” ungkap Herman Yoku kepada awak media di Jayapura, Jum’at (12/08/2021).

Herma Yoku berharap agar masyarakat tidak menolak untuk keberlanjutan Otsus ini, karena dengan di berlanjutkannya Otonomi Khusus dapat memberikan kesenjangan sosial, kesehatan, pendidikan, bahkan masih banyak lagi bagi Masyarakat di Papua ini.

Hanya saja, Herman Yoku menyarankan agar pemerintah bisa memberikan anggaran Otsus itu langsung kepada masyarakat adat Papua, dan soal mekanisme pemberian dana Otsus itu seperti apa nanti tinggal pemerintah yang mengaturnya.

Hal itu disampaikan, lantaran banyak masyarakat yang berteriak bahwa Otsus tidak ada dan tidak sampai ke tangan mereka. “Alangkah baiknya pemerintah bisa memberikan anggaran Otsus itu langsung kepada masyarakat,” tegas Herman Yoku.

Menurutnya sudah hampir 20 tahun Otsus berlaku di Papua, namun masyarakat tidak pernah merasakannya sehingga masyarakat masih berjuang sana dan sini, karena merasa Negara menipu masyarakat.

Untuk itu, saya himbau kembali kepada masyarakat Papua Khususnya adat Tabi untuk kita saling menjaga, membangun, dan selalu mengingatkan karena keberlangsungan Otsus bagi masyarakat Papua sangat penting. [redaksi]