Ketua Dewan Pemuda Adat Papua: Otsus Kita Syukuri, Jangan Lagi Ada Kata Tolak yang dikaitkan Papua Merdeka

JAYAPURA, PapuaSatu.com : Dewan Pemuda Adat Papua, Jan Christian Arebo SH menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat, DPR RI, dan  Menteri yang terkait atas perpanjangan Undang-undang Otonomi Khusus (Otsus) yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Kita patut menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat maupun kepada DPR RI yang sudah melanjutkan terhadap UU Otsus untuk masyarakat Papua,”  kata Jan Christian Arebo, Jum’at (13/08/2021)

Sebagai ketua dewan pemuda Adat Papua, kata Arebo, pihaknya menyampaikan bahwa program DPR Papua dan DPRD merancang komponen pengawasan otonomi khusus di tiap-tiap daerah. “Ini demi kemajuan dalam pengawasan yang lebih ketat lagi terhadap penggunaan dan otonomi khusus,” katanya.

Selama ini yang mengawasi hanya pemerintah Provinsi Papua sedangkan masyarakat tidak terlibat sama sekali,” tambahnya.

Untuk itu, dengan disahkannya UU otonomi khusus ini maka semua pihak harus menerima karena ini merupakan keputusan dsri pemerintah pusat yang melibatkan komponen-komponen masyarakat Papua.

“Ini perlu kita syukuri, karena ini merupakan anugrah dari Tuhan. Jangan ada lagi kata tolak-menolak yang dikait-kaitkan dengan Papua merdeka dengan melakukan demo, provokasi dan lain sebagainya,” cetus Arebo.

Papua, menurut Arebo sudah merdeka! Tinggal kita mengisi kemerdekaan ini dengan memajukan kesejahteraan melalui kebijakan otonomi khusus yang sudah disahkan ini.

“Kepada semua elemen dan komponen masyarakat Papua baik mahasiswa, aktivis, adat, pemuda, perempuan, agama dan masyarakat, mari kita keamanandan situasi yang kondusif aman dan damai demi kemajuan generasi kita dibtanah Papua,” pungkasnya.[redaksi]