KPU Papua: Parpol Belum Daftarkan Caleg 2019

1455

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Komisioner KPU Papua, Tarwinto mengatakan sampai saat ini belum ada satu pun partai politik (Parpol) yang melakukan pendaftarkan calon legislatif (caleg) tahun 2019 sejak dibuka pada 3 Juli 2018.

Dikatakan, penyelenggara pemilu KPU Papua tetap tetap membuka pendaftaran bagi para calon legislatif sesuai jadwal dan tahapan yang sudah ditetapkan secara nasional.

“Jadi, KPU tetap buka pendaftaran sampai 16 Juli 2017 pukul 16.00 WIT, sementara di 17 Juli 2018, KPU Papua akan membuka pendaftaran sampai tengah malam, sebagaimana aturan perundang-undangan,” kata Komisioner KPU Papua Tarwinto kepada wartawan, di Kantor Gubernur Dok II Jayapura, usai sholat Jumat (13/7/2018).

Tarwinto menilai syarat pencalonan yang kini sudah online menjadi salah satu penyebab belum didaftarkannya caleg oleh parpol.

“Yang pasti kita tetap menunggu. Hanya sampai saat ini belum ada yang mendaftar. Penyebabnya kita belum tahu namun biasanya pendaftaran akan ramai jelang hari terakhir pendaftaran,” terangnya.

Dikatakan, ada pula syarat yang mulai memberatkan para caleg, dimana untuk pengurusan surat keterangan sehat sebagamana Surat Edaran KPU RI, hanya menunjuk empat rumah sakit yang memenuhi kriteria dan standar akreditasi, yaitu, RSUD Jayapura , RSUD Abepura, RSUD Mimika dan RSUD Merauke.

“Tapi memang ada juga baru terbit surat edaran 633 dari KPU RI, dimana memboleh caleg hanya melampirkan surat keterangan sehat dari rumah sakit lain sepanjang hasil pemeriksaannya dilampirkan,” jelasnya.

Sementara untuk pelaksanaan Pileg di bumi cenderawasih, KPU Provinsi Papua telah membagi daerah pemilihan menjadi tujuh. Dimana untuk DPR RI tersedia 10 kursi yang akan diperebutkan seluruh parpol guna mengirim wakilnya ke Gedung Senayan di Jakarta.

“Yang pasti dalam penerbitan surat keterangan kesehatan tersebut, sepanjang tiga hal subtantif seperti sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba, termuat dalam surat keterangan kesehatan tersebut kita tetap menerima,” katanya.

Sementara untuk jumlah kursi DPR Papua tetap sebanyak 55 kursi yang bakal diperebutkan parpol di tujuh daerah pemilihan wilayah Provinsi Papua. [piet/loy]