LUKMEN Nilai JWW Pemimpin Tidak Berkwalitas

1112
LUKMEN Nilai JWW Pemimpin Tidak Berkwalitas

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pasangan calon Gubernur Papua periode 2018 – 2023 nomor urut 1, Lukas Enembe – Klemen Tinal (LUKMEN) nilai calon Gubernur Papua, John Wempi Wetipo tidak berkwalitas.

Hal ini terungkap saat dua pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe – Klemen Tinal (Lukmen) dan Jhon Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae saat beradu program dalam debat publik yang dilaksanakan di Fave Hotel Kota Jayapura, Selasa (22/05/2018).

Dalam debat tersebut, calon Gubernur Papua Jhon Wempi Wetipo bertanya pasanga Lukmen selama menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua banyak anak-anak Papua yang meninggal karena gizi buruk.

“Berdasarkan data yang berhasil dihimpunnya sejak tahun 2013 – 2017 ada sekita 433 balita yang meninggal karena gizi buruk dan mereka semua adalah Orang Asli Papua (OAP),” tanya JWW.

Calon Gubernur Papua, Lukas Enembe menjelaskan bahwa itu adal pertanyaan yang sangat bagus karena menurutnya kebijakan anggaran pemerintan Provinsi Papua sudah jelas yaitu 80 persen dikembalika kepada pemerintah Kabupaten/Kota.

“Karena yang melayani rakyat itu adalah para Bupati bukan Gubernur. Karena secara administrasi Gubernur tidak punya rakyat tapi Bupati/Walikota yang punya rakyat di daerah,” jelas Enembe.

Dikatakan, kenapa banyak orang Papua meninggal karena gizi buruk itu sudah tentu kewenangan dari pemerintah daerah dalam hal ini Bupati/Walikota karena dana sudah di transfer ke daerah masing – masing.

“Saya berharap teman-teman Bupati/Walikota kerja keras untuk mencegah kejadian-kejadian seperti ini. Terakhir adalah gizi buruk di Asmat dan juga ada kematian bayi dimana-mana,” kata Lukas Enembe.

Lukas juga menambahkan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Papua memiliki masalah yang hampir sama. “Oleh karena itu saya minta kepada Bupati untuk kabupaten yang anda pimpin harus lebih baik, karena tanggung jawab anda adalah rakyat yang anda pimpin,”

“Kabupaten Jayawijaya adalah kabupaten tertua di pegunungan tengah Papua, kalau Wamena tidak lebih baik maka akan menjadi bahaya bagi kabupaten-kabupaten sekitarnya. Oleh sebab itu anda harus bekerja dengan baik,” ujarnya.

Lukas Enembe, Gubernur Papua periode 2013-2023 meminta para Bupati/Walikota tetap bekerja dengan baik sesuai aturan yang berlaku karena potensi terjadinya hal-hal sepert itu sangat besar kapan dan dimana saja bisa terjadi.

“Saya tidak bicara Wamena tapi seorang Bupati bertanggungjawab untuk mengelola dana yang telah diberikan secara baik agar rakyat tidak mati sia-sia sepert itu,” jawab LE.

Calon Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan pertanyaan calon Gubernur Papua, JWW terlalu banyak retorika dan contoh pemimpin yang tidak berkualitas karena hanya mengangkat permasalahan kasuistis yang terjadi.

“Yang paling penting adalah Pemerintah melayani dengan baik supaya hal – hal seperti ini tidak terjadi lagi,” kata Klemen Tinal untuk menjawab pertanyaan JWW. [piet/loy]