Pasangan Ha-Nas Komit Wujudkan Tertib Birokrasi dan Peningkatan Pelayanan Publik

920
Caption : Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kinelak saat memaparkan program untuk lima tahun kedepan. Foto : Moza/PapuaSatu.com

Caption : Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak  dan Yonas Kinelak  saat memaparkan program untuk lima tahun kedepan. Foto : Moza/PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak  – Yonas Kinelak  (Ha – Nas) memaparkan sejumlah program prioritas yang tertuang dalam visi misi lima tahun kedepan melalui Talk Show yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten, Kamis (24/05/2018).

Talk Show yang mengusung tema “ Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik di Kabupaten Mamberamo Tengah” ini, diawali dengan penyampaian Visi dan Misi dari Pasangan Ha –Nas untuk lima tahun di hadapan ke para panelis dan masa pendukungnya yang ada di Kota Jayapura.

Calon bupati Ham Pagawak menyampaikan, masalah reformasi birokrasi  perlu dilakukan terutama di daerah yang sangat sulit sehingga harus membutuhkan pemimpin yang tegas.

Hal tersebut, Ham Pagawak mengaku telah membuktikan sejak memimpin pada periode pertama di kabupaten Mamberamo Tengah akan melanjutkan kepemimpinan melalui pencalonan bersama wakilnya.

“Kepemimpinan saya selalu. Contohnya, ketika pegawai tidak masuk maka insetif ditahan dan dikembalikan ke kas Negara. Ini sebagai upaya menciptakan birokrasi yang tertib dan kami akan lakukan lima tahun kedepan,”  kata Ham.

Ham menyebutkan, sebagai pemimpin diberikan kewenangan untuk menggunakan fasilitas untuk melancarkan proses pekerjaan pemerintahan. Namun kepemimpinan yang harus dilakukan adalah peningkatan disiplin waktu pegawai.

“Kedisplinan waktu kerja dilakukan abesnsi secara elektronik dan apabila pegawai tidak masuk maka gaji dipotong  dan uang tersebut dikembalikan ke kas daerah,” tutur Ham.

Sikap tegas yang sudah dilakukan, HAM memberikan apresiasi karena seluruh pegawai yang bekerja di pemerintahan sampai di tingkat jajaran mengalami kemajuan, baik kehadiran maupun tingkat ketertiban adminsitrasi.

Caption : Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mamteng berpose dengan Komisioner KPU Kabupaten Mamberamo Tangah usai pemaparan visi misi. Foto : Moza/PapuaSatu.com

“Sampai hari ini pegawai cukup banyak di berada di daerah karena saya sudah tertibkan. Kita telah menyiapkan fasilitas  seperti rumah dinas sehingga  para pegawai betah dan kedepan akan lebih ditertibkan guna terwujudnya pelayanan yang baik kepada masyarakat Mamberamo tengah,”tuturnya.

Mengenai birokrasi yang berbau politik, Ham mengatakan, untuk jajaran pejabat  Setda dan Esalon dua akan dilakukan seleksi sesuai aturan yang berlaku namun  esalon III dan IV masih mengedepankan keberpihakkan untuk keterwakilan lima suku yang ada di Mamberamo Tengah.

“Kami melibatkan lima suku dalam birokrasi. Memang tidak ada undang – undang  tapi ini harus dilakukan supaya ada keterwakilan, sehingga lima suku merasa bahwa  mereka juga punya kabupaten ini, ” terangnya

Kendati demikian, pihaknya tetap berkomitman untuk memberikan kesempatan kepada keterwakilan lima suku yang ada di Kabupaten Mamberamo Tengah  sebagai afirmasi action.

Sementara pelayanan publik, lanjut Ham,  Kabupaten Mamberamo Tengah telah meiliki jaringan  internet  namun kapasitasnya masih terbatas sehingga diakui beberapa program pelayanan public yang berkaitan langsung dengan jaringan internet belum maksimal dilaksanakan namun ada alternative – alternative yang diakukan agar pelayana dan admintarsi daerah tetap berjalan.

Dengan kondisi ini tentunya berkaitan dengan kemandirian teknoligi sehinga kedepan  dirinya berkomitmen untuk menyediakan fasilitas yang berkaitan dengan teknologi untuk menunjang sumberdaya manusia serta dalam memaksimalakan pelayanan baik di bidang pendidikan dan kesehatan .

“Kalau saya dan pak wakil lanjutkan lagi, kami  akan menyiapakn fasilitas  dan diwajibkan kepada ASN, Sekolah – sekolah diwajibkan mendalami teknologi sehingga kemandirian teknologi dapat terserap dengan baik ,”janjinya.

Selain reformasi birokrasi dan pelayanan publik, beberap bidang  yang termuat dalam visi dan misi juga menjadi perhatian pasangan Ha-nas  jika dipercayakan  memimpin kembali Mamberamo Tengah untuk lima tahun kedepan setelah dalam pilkada nanti akan melawan kotak kosong.

Sementara itu Calon Wakil Bupati Yonas Kenelak, menegaskan pasangan yang maju sebagai calon tunggal tentunya berkomitmen untuk melayani masyarakat lebih baik, apalagi sudah mutlak  pemerintah harus melayani dan membangun  daerah menuju ke arah yang semakin baik kedepan di berbagai bidang.

Menurutnya, salah satu bidang penting yang menjadi perhatian  serius adalah masalah transportasi udara, untuk itu kedepan pihaknya akan bekerjasama dengan para maskapai  untuk peningkatan pelayanan trasportasi udara di Mamberamo tengah.

“untuk trasportasi udara kami akan kerjasama dengan maskapai  yang ada untuk meningkatkan pelayanan  dan untuk  trasportasi darat akan memaksimalkan akses dari Mamberamo ke Jayawijaya dan kabupaten  terdekat lainnya sehingga secara langsung bisa menekan tingkat kemahalam khususnya bahan bangunan di Mamberamo tengah,” ujarya. [moza/loy]