Relawan SIPAKABORO’  Dikukuhkan JWW

892

JAYAPURA,PapuaSatu.com -Guna memuluskan langkahnya menuju kursi Papua Satu, pasangan Calon Gubernur Papua Jhon Wempi Wetipo(JWW) dan Cawagub Hambel Melkias Suwae (HMS) yang disingkat JOSUA terus mendapat dukungan dari kelompok relawan, salah satunya Relawan Tim Juang SIPAKABORO’ FOR JOSUA.

Untuk mendapatkan legitimasi, Tim Juang SIPAKABORO’ FOR JOSUA telah dikukuhkan secara resmi oleh Calon Gubenur JWW bersamaan acara Pagelaran Seni Budaya di GOR Weringin Kotaraja, Sabtu (24/3).

Sebelum dilakukan pengukuhan diawali pembacaan SK Tim Relawan.
JWW menyatakan apresiasi dan terima kasihnya kepada Relawan Tim Juang SIPAKABORO’ yang sudah menyatakan komitmennya mengusung dan siap memenangkan JOSUA dalam dalam pestademokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua periode 2018-2023 yang akan dihelat tanggal 27 Juni 2018.

Cagub JWW berharap kepada semua relawan pendukung termasuk Relawan TIM Juang SIPAKABORO’ agar dalam merealisasikan setiap programnya dapat dilakukan dengan cara-cara yang cerdas sebagaimana visi misi yang ditawarkan yaitu Papua Cerdas.

Sekedar diketahui, Relawan Tim Juang SIPAKABORO’ (saling mengasihi, saling merangkul) dibentuk sejumlah warga Toraja untuk mendukung pencalonan JWW-HMS.

Sementara itu, Ketua Relawan Tim Juang SIPAKABORO’, Christian M Kondobua,SH, MH mengatakan, ada sejumlah alasan mengapa Relawan Tim Juang SIPAKABORO’ menyatakan dukungan dan siap memenangkan JOSUA pada Pilgub mendantang.

Selain, program-program Papua Cerdas yang ditawarkan yang sangat cocok memajukan dan mensejahterakan rakyat Papua, juga ada hubungan sejarah dengan Calon Wakil Gubernur Habel Melkias Suwae (HMS) yang tidak bisa dilupakan orang Toraja yang ada di Tanah Papua.

Sejarah itu terjadi tepat 1 Oktober 2005 lalu, dimana HMS dinobatkan jadi Ambe’na Toraya (Bapa/ayah orang Toraja) dalam suatu prosesi adat Toraja di Kabupaten Jayapura.

Dikatakan, kendati proses penobatan jadi Ambe’ na Toraya itu sudah berlangsung sejak 1 Oktober 2005 lalu saat Habel Meskias Suwae masih menjadi Bupati Jayapura, namun sejarah ini tidak bisa dilupakan begitu saja.

Suku Toraja yang terkenal dengan adat dan budaya ini, sangat menjunjung tinggi nilai-nilai dalam masyarakat. Salah satunya dengan selalu menghormati orang tua atau yang dituakan, termasuk suku lain yang sudah diangkat sebagai orang yang dituakan.

” Jadi ini menyangkut harga diri kita Orang Toraja,”kata Chris, kader Partai Perindo ini.
Pasalnya, pengangkatan Ambe’ dalam adat Toraja tidak sembarangan atau asal-asalan. Gelar Ambe’ itu diberikan karena sosok HMS benar-benar dianggap dapat mengayomi seperti layaknya seorang bapa/ ayah dalam suatu keluarga.
Sementara itu, dalam pentas Seni Budaya tersebut, Tim Juang SIPAKABORO’ juga turut mengambil bagian dengan menampilkan tarian tradisional asal Toraja yaitu Pa’gellu’.

Tarian yang diperankan tiga anak gadis Toraja ini sangat menghibur penonton, disamping pertunjukan seni budaya lainnya yang ditampilkan masing-masing sanggar seni yang ada.(sony)