14 Mahasiswa Angkatan 3 dan 4 Gelar Ujian Proposal Tugas Akhir menyongsong Wisudah Bulan Oktober 2020

JAYAPURA, PapuaSatau.com – Institut Seni Budaya Indonesia ISBI Tanah Papua menggelar ujian tugas akhir 14 mahasiswa dari angkatan tiga dan empat melalui webinar dan bertatap muka di ISBI Tanah Papua Taman Budaya Expo Waena Kamis, 03 September 2020.

Diketahui bahwa ISBI Tanah Papua akan menggelar Wisuda dari angkatan 1-4 pada Oktober mendatang setelah Satu-satunya Kampus Seni di Papua ini dinyatakan Terakreditasi.

Hal itu dikatakan salah satu staf akademik ISBI Tanah Papua, Subandi di celah-celah ujian Proposal Tugas Akhir berlangsung.

“Kemungkinan besar ISBI Tanah Papua pada bulan Oktober tahun ini akan ada Wisuda dari mahasiswa angkatan satu hingga angkatan ke empat yang hari ini sedang ujian Proposal TA, dan itupun setelah ada informasi yang jelas dari Pak Rektor dalam beberapa Minggu ini,” ujar Subandi kepada PapuaSatu.com

Muhammad Ilham M. Murda, ST.M.Sn selaku penguji dan Ketua Prodi Seni Rupa Murni ISBI Tanah Papua  mengatakan, ISBI Tanah Papua sekarang sudah berstatus akreditasi B dari lima Prodi yang dimiliki oleh kampus yakni, Prodi Seni Tari, Seni Musik, Seni Lukis, Seni Kriya, dan Seni Rupa Murni dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

IAM Murda menyebtukan, bahwa tantangan yang dialami selama pembimbingan dengan peserta ujian proposal tugas akhir melalui Webinar.

“Memang agak rumit dalam proses pembimbingan terhadap peserta ujian yang sebenarnya bertatap muka namun tahun ini bedah karena adanya dampak pandemik Covid-19, dan dari mahasiswa sendiri kurang cepat dalam melakukan koordinasi pembimbingan, tapi intinya sudah berjalan baik hingga ujiannya.

Sementara itu salah satu peserta ujian proposal tugas akhir Fachry D. Matlawa menyampaikan rasa terimakasih atas upaya dosen pembimbing selama pembimbingan dalam masa pandemik Covid-19 yang begitu rumit namun bisa dapat terlaksana dengan baik.

“Semua orang mengalami dampak dari pandemik Covid-19, khususnya kami mahasiswa angkatan 2015 dan 2017 pun mengalami dampak tersebut yang membuat kami agak rumit dalam bimbingan Proposal Tugas Akhir via online/Webinar, namun pada akhirnya kami dapat mengikuti Ujian dengan baik dan lancar,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya mewakili peserta ujian menyampaikan terimakasih kepada dosen pembimbing dan akademik ISBI yang mampu menyelenggarakan ujian. Dan akhirnya dengan adanya informasi pada Oktober mendatang ada Wisuda maka saya berharap semoga tidak ada halangan dalam menyongsong Wisudanya.

Rektor ISBI Tanah Papua Prof. I Wayan Rai, menegaskan mahasiswa yang memenuhi karya Tugas Akhir dan yang sedang ujian proposal pada saat ini, untuk persiapkan diri dalam menyongsong wisudah pada bulan Oktober 2020.

“Kelima prodi yang ada di ISBI Tanah Papua, sudah dapat akreditasi B maka itu, kami berhak melakukan Wisuda dan untuk  kami di ISBI Papua menggelar Wisuda pertama pada saat bersamaan dengan HUT Kampus , 06 Oktober mendatang. Sehingga saya berharap, semua mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akhir dari angkatan pertama sampai yang hari ini melakukan ujian proposal tugas akhir untuk mempersiapkan karya-karya yang telah dikerjakan mahasiswa pada masa pandemi Covid-19,”ujar rektor ISBI Tanah Papua I Wayan Rai S, melalui telepon selulernya. [miki]