191 Atlet Catur Semarakkan Turnamen Walikota Cup 2019

0
309

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jayapura ke-109 dan hari Pekabaran Injil di Tanah Tabi Tahun 2019, Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kota Jayapura menggelar Turnamen Catur Piala Walikota 2019 yang berlangsung dua hari (1-2 Maret 2019) di lantai 3 Mall Jayapura.

Turnament catur jelang PON XX, disemarakkan 191 atlet untuk empat kategori lomba, yang terdiri dari tingkatan SD, SMP, SMA serta Umum.

Ketua Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kota Jayapura, Merlan Uloli mengungkapkan, para peserta sangat antusias.

“Harusnya pendaftaran sudah ditutup namun saking antusiasnya, masih banyak yang mau mendaftar,” ungkapnya disela-sela turnament tersebut, Jumat (1/3/2019).

Ini turnamen catur kedua selama dirinya menjadi Ketua Percasi. “Ada keterbatasan dana namun kami yakin mampu membangun Percasi dengan melibatkan beberapa dunia usaha,” katanya.

Sehingga ia mengajak segala pihak untuk turut andil dalam kegiatan tersebut. “Mari kita berlomba-lomba bersama untuk mengiatkan, mengelorakan olahraga di Kota Jayapura jelang PON XX,” ajaknya.

Dengan adanya turnamen catur, Merlan berharap dengan akan ada atlet-atlet catur yang memiliki potensi maksimal.

“Kalau dibina sejak SD maka nantinya kita berharap mereka akan suskes seperti atlet Nasional,apalagi banyak anak asli Papua yang menyukai olahraga catur,” harapnya.

Tak hanya itu, melalui turnamen ini pihaknya akan menyaring atlet berbakat lalu melakukan sparing dengan atlet dari kabupaten lainnya.

Sementara itu , Ketua Panitia Turnamen Catur tingkat anak dan umum, Irwan Kurniawan Niode mengatakan, jumlah peserta dalam turnamen tingkatan anak-anak SD di ikuti 29 anak, SMP 50 anak dan tingkat senior ada 88 orang.

“Anak-anak dibagi menjadj lima babak , kalau dewasa kami bagi menjadi 8 babak,” katanya kepada awak media.

Diakuinya bahwa hasil turnamen ini akan dipersiapkan untuk menuju PON XX pada 2020. “Hanya kategori dewasa saja yang kami siapkan agar turnamen pada kejuaraan daerah , kalau anak-anak nantinya akan dibina dalam mempersiapkan mereka sebagai generasi penerus,” pungkasnya.[ayu]