Aksi Bersih – Bersih Pemuda Paparisa – IPPJ Dukung Program Pemkot Jayapura

498
Sejumlah Pemuda Paparisa di Tanah Papua bersama Ikatan Pemuda Porto Jayapura (IPPJ) menggelar aksi bersih-bersih, Sabtu (23/2/2019).
Sejumlah Pemuda Paparisa di Tanah Papua bersama Ikatan Pemuda Porto Jayapura (IPPJ) menggelar aksi bersih-bersih, Sabtu (23/2/2019).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Mendukung  program Pemerintah Kota Jayapura , sejumlah  Pemuda Paparisa  Maluku di Tanah Papua bersama Ikatan Pemuda Porto Jayapura (IPPJ) menggelar aksi bersih-bersih, Sabtu (23/2/2019).

Kegiatan yang dipusatkan di terminal dan Taman Mesran ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 109 Kota Jayapura pada 7 Maret dan Injil masuk di Tanah Tabi. 10 Maret serta Hari Peduli Sampah Nasional (HPN) yang jatuh pada 21 Februari 2019.

Terlibat dalam kegiatan bersih – bersih, Ketua PB Pemuda Paparisa Maluku Di Tanah Papua. Fransisko Hitijahubessy, Wakil Ketua Risad Tatuhey, Sekertaris Umum Dedy Pattiwael dan penasehat, Tomy de Fretes, serta personel kedua organisasi tersebut.

Aksi bersih – bersih dua organisasi asal Maluku ini dipusatkan di Taman dan Terminal Mesran yang sebagai pusat aktifitas public serta taman kota.

“Bahkan botol-botol minuman keras seperti bir dan vodka juga ikut bercampur dengan sampah kita sangat focus dengan sampah plastik,” ungkap Ketua BP Pemuda Paparisa di tanah Papua, Sisko Hitijahubessy seusai aksi.

Lanjutnya, apa yang dilakukan ini juga mengacu kepada Peraturan Daerah Kota Jayapura Nomor 15 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan kebersihan.

“Karena selaku warga Kota Jayapura  baik itu  Pemuda Paparisa maupun pemuda Porto, harus menunjukan bahwa kami ikut peduli dengan kebersihan. Itu yang harus kita lakukan” sambungnya.

Sisko menghimbau kepada masyarakat Kota Jayapura lainnya untuk tetap menjaga kebersihan, mengingat Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM begitu perhatian untuk kota ini dan  salah satu program yang menjadi primadona adalah kebersihan.

” Kita semua harus ikut mendukung program itu, karena ini demi kebaikan kita semua dan jangan di abaikan. Gerakan ini patut dilakukan oleh siapapun dan di manapun,” cetusnya.

Sisko mengaku, aksi bersih-bersih ini nantinya akan menjadi salah satu program dari kedua organisasi dan akan digelar pada setiap momen untuk membersihkan kota dan kali ini  menggandeng pemuda Porto Jayapura dalam aksi ini guna mempererat tali persaudaraan.

Sekretaris Umum BP Paparisa di tanah Papua, Dedy Pattiwael juga menambahkan, kegiatan hari ini dalam rangka mendukung kebijakan Pemkot dari sisi aturan dan  secara khusus ikut serta dalam menjaga kebersihan kota.

“Kami ikut peduli terhadap lingkungan. Apalagi, akhir-akhir ini curah hujan yang tinggi tentu sangat  mengganggu aktifitas kita sebagai masyarakat bahkan juga mempengaruhi lingkungan kita. Juga, kita tahu bersama bahwa Pemerintah Kota Jayapura terus mendapat penghargaan Adipura  sebanyak 5 kali sehingga harus kita dukung,” ujarnya.

Dirinya  memberikan apresiasi kepada semua bersaudara khusus pemuda pemudi Paparisa Maluku dan juga Ikatan Pemuda Porto Jayapura yang ikut terlibat dalam aksi tersebut dan kedepannya tetap turut terlibat secara langsung dalam kerja-kerja maupun momen kebersamaan.

“Jangan  melihat dari sisi yang lain tapi kebersamaan itu penting guna membangun persaudaraan dalam ikatan kita sebagai orang yang mengerti tentang kehidupan bermasyarakat,” pungkasnya.[moza]