Allosius Hubi Ajak HPMJ Harus Jadi Tuan di Negeri Sendiri

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Salah satu senior Himpunan Mahasiswa Pelajar Jayawijaya (HMPJ), Allosius Hubi Amd,.IP mengatakan setelah terlaksananya Kongres pemilihan badan pengurus ke-VI sejak 9-11 September 2020 di Jayapura diharapkan untuk tidak lagi fakum dalam kinerja program HMPJ kedepan tetapi harus siap menjadi calon pemimpin untuk menjadi tuan di negri sendiri.

Alloisius yang sudah memiliki segudang pengalaman saat menjalankan roda HMPJ itu, mengaku banyak catatan khusus sehingga diharapkan kepada badan pengurus yang baru terpilih lebih fokus pada kegiatan-kegiatan menyangkut kaderisasi.

“Selama ini kami sebagai senior dari HMPJ menilai bahwa HMPJ selama ini hanya fakum, dia jalan di tempat. Harusnya ada banyak hal-hal yang dibuat untuk kegiatan-kegiatan bersifat mengkaderkan mahasiswa dan pelajar sebagai calon pemimpin masa depan Jayawijaya,” ungkap Alolosius saat berbincang-bincang dengan ketua Paniti Kongres, Alexander Lengka, ketua terpilih Alber Kalolik, dan beberapa mahasiswa lainnya di Museum Expo Waena Sabtu, (11/09/2020).

Bahkan pihaknya, menekankan kepada pengurus baru untuk motivasi awal HMPJ tidak pada uang dan politik, namun lebih fokus pada peningkatan pada nilai-nilai persatuan serta kemandiran demi mempertahankan jati diri sebagai mahasiswa Jayawijaya yang merupakan  kabupaten induk dari beberapa kabupaten lainnya di wilayah pegunungan tengah Papua itu.

“Kalau kita hanya ikut-ikutan saja, tanpa ada kegiatan yang berjalan sesuai program HMPJ dan motivasi awal pada nilai uang  dan politik di Jayawijaya maka jati diri sebagai mahasiswa atau pelajar itu pasti tidak ada. Motivasi utama yang mendirikan HMPJ ini tidak ada lain-lain. Tetapi generasi muda Jayawijaya bisa menjadi tuan di negri nya sendiri,” tegasnya.

Lanjut Senior sapaan Allo itu, menjelaskan terkait nasib HMPJ ke depan jika tanpa ada kerja sama maka akan menjadi bahan tertawa dari kabupaten lain yang pecahan dari Jayawija.

“Memang saya lihat selama ini HMPJ menjadi fakum salah satunya komunikasih antar badang pengurus inti dengan pendiri, pembina, perwakilan, pemda Jayawijaya dan, membangun komunikasih dengan seluruh anggota HMPJ baik di daerah maupun di Provinsi, namun hal itu bisa menjadi motivasi awal untuk kedepan,” lanjutnya.

Allosius Hubi yang selalu menjadi motivator bagi pemuda, pelajar, dan mahasiswa Jayawijaya itu mengajak untuk meningkatkan kebersamaan untuk bersatu dalam menyiapkan pemimpin HMPJ yang berintegritas, inovatif, dan loyalitas. Karena mereka inilah yang akan menjadi pemimpin di negrinya sendiri.

“Ayolah,  demi untuk mempertahankan organisasi ini secara kokoh, pengurus HMPJ yang baru dan seluruh komponennya bersama-sama  membangun komunikasi dengan semua elemen yang ada dalam struktur HMPJ. Dengan demikian kita akan menjadi aktif dalam kerja program, bahkan bisa terlibat di berbagai kegiatan lain dari organisasi yang lebih luas,” ajak Allosius.

Sementara itu ketua panitia kongres pemilihan pengurus baru HMPJ ke-VI 2020 di Jayapura, Alexander Lengka menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan kongres selama 3 hari tanpa ada halangan.

“Baik saya selaku ketua panitia merasa terimakasih kepada pendiri, pembina, senior, pemerintah daerah, dan seluruh teman-teman mahasiswa yang turut terlibat langsung dalam kegiatan kongres HMPJ ke-VI ini. Karena dengan adanya dorongan entah dalam bentuk moril dan bantuan fisik lainnya sehingga kami dapat menyelenggarakan kegiatan ini sesuai dengan harapan,”ungkap Alexander. [miki]