Antisipasi Pemblokiran NIK, Pemkot Genjot Perekaman e-KTP

763
Caption : Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano,MM saat meninjau pelayanan Dokumen Kependudukan Disdukcapil Kota Jayapura di Kelurahan Ardipura.
Caption : Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano,MM saat meninjau pelayanan Dokumen Kependudukan Disdukcapil Kota Jayapura di Kelurahan Ardipura.

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam mengantisipasi Pemblokiran Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang akan dilakukan pemerintah Pusat pada Desember mendatang, Pemerintah Kota Jayapura terus menggenjot seluruh warga untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektrinik (e–KTP).

Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano,MM menyampaikan, Pememerintah Kota Jayapura tentunya berupaya untuk menuntaskan program Menteri dalam Negeri melalui Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil soal Perekaman e- KTP.

Dikatakan Kota Jayapura terhitung sampai Juni 2018  untuk perekaman e- KTP telah mencapai  74.72 persen dari jumlah wajib e- KTP yang ada di Kota Jayapura,  dan  pencapaian ini Dirjen Dukcapil memberikan peringkat  sangat baik bagi Kota Jayapura.

Untuk itu Pemerintah Kota terus berupaya melakukan pelayanann agar mencapai 100 persen perkaman hingga Desember mendatang. langkah kongkrit terus dilakukan oleh dukcapil dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat baik untuk perekaman e-KTP,Kartu Keluarga dan Identitas Anak.

“kita harus mengejar target nasional ini dan harus tuntas  untuk perekaman e-KTP. Kita terus menggejot itu. Saya akan kerja keras  sampai desember semua warga kota jayapura sudah melakukan perekaman e-KTP,”Kata Walikota, Sabtu (06/10/2018).

Sementara, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura Merlam Uloli mengatakan, akan berupaya melakukan pelayanan yang maksimal kepada warga  sebelum batas waktu pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah pusat pada Desember mendatang.

Salah satu langkah cepat yang dilakukan Disdukcapil Kota Jayapura sebelum pemblokiran tersebut adalah dengan membentuk Tim operasi Non Yustisi e- KTP di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Jayapura

“ kita akan lakukan penyisiran terhadap warga  yang belum melakukan perekaman e-KTP. Ini kita lakukan ini untuk menghindari pemblokiran nik pada desember mendatang. semua warga yang berumur 23 Tahun keatas wajib melakukan perekaman e-KTP. Target saya sampai desember seluruh warga kota sudah terekam. Kalau tidak terekam otomatis terblikot,”ujarnya.

Dikatakan untuk perekaman e- KTP sudah sangat cukup disdukcapil melakukan sosialisasi , pelayanan ke masing – masing distrik dan kelurahan termasuk berbagai even dan kegiatan yang telah digunakan untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat  atau jemput bola.

“segala upaya kita sudah lakukan, jadi saya tidak merasa berdosa jika NIK mereka di blokir. Kalau ini terjadi tentu akan sulit karena semua pelayanan public harus memiliki e-KTP,” Ujarnya.

Ditambahakan, jika terjadi pemblokiran nantinya untuk pengurusan selanjutnya  tentu memilki mekanisme lain dengan menyurat ke Dirjen Dukcapil.”yang memblokir itu pusat  sehingga harus ada prosedur yang harus di tempuh dalam pengurusan nanti,” pungkasnya.[moza/loy]