Antisipasi Virus Corona, Warga Kali Buaya Batasi Warga Keluar Masuk Kompleks

290

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Warga Kali Buaya, RT 02/RW02, Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Ikut mengambil andil dalam menjaga warganya terhadap penyebaran Virus Corona yang semakin mewabah di Papua, Khususnya di Kota Jayapura.

Seperti yang dilakukan Ketua RT02/RW02, Jamaludin. Ia bersama warganya membatasi warga luar untuk masuk ke komplek, baik berkunjung maupun pada saat memancing di kawasan Kali Buaya, yang selama sudah menjadi rekreasi dan menjadi tempat pemancingan bagi warga dari luar.

Jamaludin bersama warga memiliki ininsiatif untuk harus memalang jalan masuk kompleks dan membangun sebuah pos guna mengawasi keluar masuk warga, baik warga Koya sendiri maupun diluar dari Koya.

“Virus Corona ini sudah menyebar dimana-mana, daerah kami masih aman-aman, sehingga kami tidak mau virus dari luar masuk ke kompleks kami sehingga membuat warga kami terjangkit virus Corona,” katanya, Selasa, 07/04/2020.

Jamaludin menegaskan bahwa pihaknya tidak segan-segan melarang warga untuk tidak masuk diareal komplek tanpa ada tujuan apapun. “Ya, kalau tidak ada tujuan kami suruh balik, tapi kalau ada tujuan untuk bertamu karena keluarga, kami hanya mengingatkan agar selalu menjaga jarak dan tidak bisa bersalaman. Hal ini untuk mencegah penyakit Virus Corona,” katanya.

Ia menjelaskan, warga dari luar seperti dari Kota Jayapura dan Sentani datang ke Kali buaya untuk mancing, kami tidak ijinkan dan kami minta kembali. “Kalaupun mereka lewat kami sarankan untuk lurus dan tidak boleh berhenti. Kami tetap awasi agar warga tetap aman dalam bahaya penyakit mematikan ini,” tukasnya.

Selain membatasi warga, Jamaludin mengutarakan, bahwa pihaknya mengimbau kepada warga dan pengunjung dari luar untuk mencuci tangan sebelum masuk kompleks.

“Ya, kami juga siapkan peralatan cuci tangan dan kami tetap membatasi jam untuk melewati jalur kami ini dari 06.00-18.00, diatas jam ini kami tutup jalan,” pungkas Jamaludin. [miki]