Atasi Banjir di Kawasan Entrop dan Kotaraja, 3 Muara Sungai Akan Diperlebar

0
77
Wakil Walikota Jayapura DR. Rustan Saru
Wakil Walikota Jayapura DR. Rustan Saru

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Guna mengatasi banjir di kawasan Entrop dan Kotaraja di Kota Jayapura, Wakil Walikota Jayapura menegaskan, dalam waktu dekat ini akan memperlebar aliran 3 muara sungai.

“Jangka panjang, kita akan lakukan pelebaran di 3 muara sungai yaitu muara sungai Entrop, muara sungai di Kaliacai dan muara sungai di Kotaraja. Kita buka dan perlebar sungai agar minimaliskan banjir,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (17/7/2019).

Sedangkan untuk jangka pendek, lanjut Rustan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Sungai, Balai Jalan serta PU Kota Jayapura untuk menata kota agar bisa terhindar dari banjir.

“Beberapa solusi kita sudah dapatkan. Daerah CV Thomas sampai dekat PTC akan ditinggikan jembatannya, Untuk wilayah Kotaraja .dalam waktu dekat ini kami lakukan pengerukan dan perbaikan saluran mempercepat air mengalir,” katanya.

Hal tersebut adalah bentuk langkah cepat yang dilakukan pemkot agar mengurangi banjir di kota Jayapura. “Ya, karena ada 2 faktor terbesar penyebab banjir yaitu drainase yang tersumbat karena ulah sekumpulan orang tidak bertanggung jawab membuang sampah sembarangan,” ucapnya.

Tak hanya drainase, dampak pemukiman juga tidak terkontol karena masyarakat membangun tempat tinggal sembarangan. “Tempat resapan air malah ditimbun, dibangunkan rumah bahkan ada pula penggundulan lahan. Pemerintah telah bergerak dan bertindak, regulasi sudah ada secara teknis. Maka saat ini kami sedang lakukan perbaikan. Masyarakat diharapkan bisa menjaga kebersihan juga agar kota Jayapura terhindar dari banjir,” tukasnya. [ayu]