Beri Rasa Aman Jelang Lebaran 2019, Basarnas Jayapura Terus Melakukan Siaga

0
235
Caption : foto bersama Kepala Basarnas dan jajarannya usai apel siaga angkutan lebaran
Caption : foto bersama Kepala Basarnas dan jajarannya usai apel siaga angkutan lebaran

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Memasuki hari raya idul Fitri 1440 Hijriah Jelang Lebaran 2019, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jayapura terus melakukan siaga demi memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Hal tersebut dilakukan karena menjelang hari raya Idul Fitri, akan ada lonjakan penumpang sehingga Basarnas harus menyiagakan personil dan peralatan terutama pada musim mudik.

“Siaga Lebaran dilakukan mulai hari ini yaitu H-7 hingga H+7 mendatang. Kami telah persiapkan peralatan SAR darat berupa kendaraan rescue dan perlengkapannya, Kapal SAR Rescue Boat (RB) 222 Jayapura yang disiagakan di Dok.9 Jayapura, Rigid Inflatable Boat (RIB) dengan kekuatan 400 PK di tempat di Pos SAR Sarmi dan Danau Sentani,” ucap Kepala Basarnas Jayapura, Putu Arga Sujarwadi, SH, MM dalam sambutannya saat Apel Siaga SAR Khusus angkutan lebaran 2019 di halaman kantor Basarnas di Sentani-Jayapura, Senin (27/5/2019)

Ia menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan agenda tahunan yang dilakukan Basarnas, sehingga apa yang dilakukan ingin baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Ya kami lebih dulu mempersiapkan personil dan peralatan agar siap membantu masyarakat dan memberi rasa yang aman saat masyarakat mudik,” katanya.

Sesuai Tupoksi Basarnas, Putu Arga menuturkan, bahwa pihaknya akan  tetap fokus pada penanganan kecelakaan namun selalu menekankan kepada seluruh petugas agar nanti  selalu bersikap sopan dan santun saat berkoordinas dengan Instansi terkait.  “Ikuti prosedur yang ada, tunjukkan kalo kita profesional, disiplin tinggi dan juga mengutamakan keselamatan,” tegasnya

Meski Wilayah Timur Indonesia terutama Papua jumlah arus mudik lebaran tidak sebanyak dan seramai wilayah lain namun tetap saja hal ini sebagai bentuk tanggung jawab moral BASARNAS kepada masyarakat Indonesia dalam melakukan tugas kemanusian. [ayu]